Barata Ekspor Komponen Pembangkit Listrik ke Armenia

Kamis, 23 April 2020 - 14:03 WIB
loading...
Barata Ekspor Komponen Pembangkit Listrik ke Armenia
PT Barata Indonesia (Persero) mampu mengekspor komponen pembangkit listrik ke Armenia di tengah pandemi Covid-19. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - PT Barata Indonesia (Persero) melakukan ekspor komponen pembangkit listrik ke Armenia, berupa komponen steam turbine condenser serta combustion chamber yang akan digunakan di proyek Yerevan-2 Combine Cycle Power Plant di negara tersebut.

Direktur Utama Barata Indonesia Fajar Harry Sampurno menjelaskan, produk komponen tersebut diproduksi di pabrik komponen turbin divisi pembangkit di Cilegon. Proses produksinya membutuhkan waktu 17.000 jam atau kurang lebih 8 bulan. "Saat ini produk telah siap untuk dikapalkan ke Armenia," kata Fajar dalam keterangan tertulisnya, Kamis (23/4/2020).

Dia menambahkan, proyek Yerevan-2 adalah proyek pembangkit berkapasitas 250 MW combined-cycle yang dibangun di lokasi pembangkit Yerevan-1, 10 km ke arah selatan Kota Yerevan, Armenia. Proyek ini merupakan proyek Independent Power Plant (IPP) pertama di negara Armenia. Pembangkit Yerevan-2 yang dibangun dan dioperasikan oleh ArmPower akan beroperasi selama 25 tahun.

Ekspor pembangkit listrik kali ini bukanlah yang pertama bagi Barata Indonesia. Sebelumnya, perseroan juga telah melakukan ekspor ke berbagai negara seperti Australia dan Rusia.

Barata Indonesia juga telah melakukan ekspor komponen pembangkit listrik ke berbagai negara seperti Condenser & LP Outer Casing (Brasil , Argentina & Pakistan), Komponen Blade Ring (Panama, Argentina, Brazil & Pakistan), Inner Casting (Bangladesh) Serta Combustion Chamber (Taiwan).

Ekspor produk komponen pembangkit listrik ini semakin mengukuhkan kompetensi Barata Indonesia di bidang pembangkit listrik. Karena itu, Fajar berharap, perusahaan lokal Tanah Air juga ikut menggunakan produk komponen pembangkit listrik yang diproduksi oleh Barata sebagai perusahaan manufaktur lokal.

“Dari sisi kualitas, cara kerja, dan desain, SDM Indonesia sudah sangat mumpuni dan sanggup untuk mengerjakan. Saya berharap ke depan, produk dari Barata Indonesia dapat digunakan untuk oleh industri dalam negeri terutama BUMN sebagai bagian dari sinergi BUMN dan saling menguatkan satu sama lain. Kualitas produk yang dihasilkan oleh Barata Indonesia tidak perlu diragukan lagi," tegasnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1130 seconds (0.1#10.140)