Menteri Suharso Ungkap Dipilihnya Nusantara Sebagai Nama IKN Baru

Senin, 17 Januari 2022 - 14:04 WIB
loading...
Menteri Suharso Ungkap Dipilihnya Nusantara Sebagai Nama IKN Baru
Menteri Suharso Monoarfa ungkap alasan penggunaan Nusantara jadi nama IKN Baru. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengungkap alasan penggunaan nama Nusantara sebagai ibu kota negara baru di Kalimantan Timur. Menurutnya, nama Nusantara merupakan ikon Indonesia di dunia internasional.

Baca juga: BSD Jadi Contoh Ibu Kota Baru, Kepala Bappenas: Informasi dan Data Kita Himpun

"Nama Nusantara dipilih karena kata tersebut sudah dikenal sejak lama dan ikonik di internasional, mudah dan menggambarkan kenusantaraan kita semua, Republik Indonesia," kata Suharso, dalam rapat Panitia Khusus Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) dengan pemerintah di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (17/1/2022).

Suharso menambahkan, nama ibu kota tersebut awalnya ingin dimasukkan ke dalam RUU IKN, tetapi ditahan sebelum akhirnya diberikan konfirmasi oleh Presiden Joko Widodo. Sebelumnya, draf RUU IKN belum mencantumkan nama ibu kota baru sehingga hanya disebut sebagai "IKN [...]" di dalam draf RUU tersebut.

Baca juga: Soal Maju Jadi Presiden, Luhut: Rasanya Tak Mungkin Kalau Bukan Orang Jawa

"Ini saya baru mendapatkan konfirmasi dan perintah lagsung dari Bapak Presiden, beliau mengatakan ibu kota negara ini Nusantara," jelas Suharso.



(uka)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3226 seconds (11.210#12.26)