Subsidi listrik contoh subsidi tepat sasaran

Jum'at, 27 Juli 2012 - 17:25 WIB
Subsidi listrik contoh subsidi tepat sasaran
Subsidi listrik contoh subsidi tepat sasaran
A A A
Sindonews.com - Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF), Kementerian Keuangan, Bambang Brodjonegoro menilai subsidi pada Tarif Dasar Listrik (TDL) merupakan subsidi tepat sasaran jika ada sedikit perbaikan di struktur tarifnya.

"Sebenarnya salah satu contoh subsidi tepat sasaran adalah listrik. Kalau kita bisa perbaiki struktur tarif di listrik itu sudah sedikit banyak menuju subsidi tepat sasaran," kata Bambang di kantornya Jakarta, Juma (27/7/2012).

Bambang tidak menceritakan secara jelas struktur tarif yang dimaksud, karena hal tersebut akan diungkapkan saat pembahasan APBN 2013 dengan Badan Anggaran DPR RI Agustus mendatang. "Kita belum putuskan apapun mengenai harga, tarif dan segala macam," jelasnya.

Kemungkinan naiknya TDL, mencuat setelah sebelumnya Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengungkapkan rencana kenaikan TDL. Hal itu juga mengingat peningkatan volume konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi yang dimasukan pada asumsi makro di APBN 2013.

Dalam pengajuannya, volume BBM bersubsidi sebesar 45-48 juta kilo liter (KL). Angka tersebut naik dari APBN P 2012 yang menetapkan sebesar 40 juta KL.

"Ya pasti lah namanya pertumbuhan ekonominya tinggi, pertumbuhan penduduk juga bertambah, jadi volumenya secara natural akan bertambah. Nah, sekarang bagaimana nanti kita supaya 45-48 juta KL jangan 48 kl yang dikejar tapi 45 kl. tapi ya itu harus ada upaya serius untuk mengendalikan konsumsi," pungkasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4801 seconds (0.1#10.140)