Kominfo Pengin Sulap Nusantara Jadi Kota Cerdas

Rabu, 19 Januari 2022 - 19:45 WIB
loading...
Kominfo Pengin Sulap Nusantara Jadi Kota Cerdas
Kominfo menyatakan akan membangun infrastruktur 5G di ibu kota negara baru. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pembangunan infrastruktur Nusantara, ibu kota negara ( IKN ) baru, sudah mulai dilakukan setelah UU IKN disahkan melalui rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat RI. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan pembangunan IKN baru akan diarahkan pada sebuah definisi kota cerdas .



Menurutnya salah satu ciri dari kota cerdas adalah tersedianya infrastruktur komunikasi yang memadai. Tujuannya untuk memudahkan pelayanan masyarakat ataupun pengembangan bisnis di ibu kota baru tersebut.

"Kita sumua berharap Nusantara itu nanti menjadi ibu kota cerdas atau smart capital city. Kalau ibu kota cerdas ini kan harus didukung oleh infrastruktur TIK yang memadai dan baik," ujar Johnny saat ditemui di kantornya, Rabu (19/1/2022).

Johnny menjelaskan sebagai kontribusi membangun Nusantara, maka Kominfo akan membangun infrastruktur jaringan 5G di sana. Walaupun dikatakan Johnny implementasi untuk itu menyusul setelah rampungnya pembangunan infrastruktur lainnya.



"Kominfo tentu akan memberikan dukungan dan bekerja sama dengan otoritas untuk melakukan tata ruang pembangunan ibu kota baru guna memberi dukungan agar ICT (information and communication technology) infrastruktur memungkinkan Nusantara menjadi ibu kota cerdas, termasuk pembangunan infrastruktur 5G," sambung Johnny.

Menurutnya hal itu merupakan salah satu kompenen penting untuk membangun ibu kota cerdas. Tentu banyak komponen lain yang menjadi indikator dari yang dimaksud kota cerdas.

Kominfo sendiri membagi alokasi frekuensi untuk jaringan telekomunikasi seluler 5G ke dalam tiga lapisan (layer) telekomunikasi, yaitu low band, middle band, dan high band. Pembagian itu dilakukan untuk pemerataan dan efisiensi layanan.



"Kota cerdas yang dimaksud tadi ibu kota itu didukung dengan telekomunikasi yang modern, dan ketersediaan spektrum yang memadai. Kami tentu menyiapkan dukungan spektrum di semua band, mulai dari low band, coverage band, dan di super high band," kata Johnny.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1682 seconds (0.1#10.140)