Tidak Hanya Berbelanja, 4 Kegiatan Asyik yang Dapat Dilakukan di Pasar Rakyat

Kamis, 20 Januari 2022 - 15:57 WIB
loading...
Tidak Hanya Berbelanja, 4 Kegiatan Asyik yang Dapat Dilakukan di Pasar Rakyat
Foto: Instagram/@freshmarket_bintaro
A A A
JAKARTA - Dekat dari daerah tempat tinggal, menawarkan harga yang terjangkau, dan lengkapnya variasi barang untuk memenuhi kebutuhan harian, membuat pasar rakyat atau pasar tradisional menjadi salah satu tempat perbelanjaan andalan. Pasar rakyat memang erat kaitannya dengan kegiatan ekonomi, mulai dari transaksi jual-beli hingga pendistribusian barang.

Namun jika dilihat lebih jauh, di pasar rakyat tidak hanya menyangkut kegiatan ekonomi, ada berbagai kegiatan menyenangkan lainnya yang menjadi bagian dari kehidupan sosial masyarakat, misalnya mengenal ragam budaya, seperti bahasa daerah dan kearifan lokal.
Masih banyak kegiatan asyik lainnya yang dapat dilakukan di pasar rakyat. Apa saja?

1. Refreshing
Selain menjadi tempat untuk membeli berbagai kebutuhan harian, pasar rakyat juga pilihan sebagai tempat refreshing. Pasalnya, di pasar rakyat yang kental dengan budaya dan ciri khas setempat ini, Anda bisa berwisata kuliner menjelajahi berbagai rasa dari jajanan tradisional maupun modern, tidak hanya makanan ringan, namun juga makanan berat. Belum lagi berbagai barang unik, khas kerajinan tangan dari para pelaku UMKM setempat.

Kegiatan lain yang dapat menyegarkan diri di pasar rakyat adalah melihat beragam transportasi umum, yang kini mulai tersingkirkan kebutuhannya. Di beberapa pasar rakyat, kita masih dapat melihat bagaimana bemo, bajaj, bentor, hingga becak menjalankan rutinitasnya. Beragam hal menarik ini tentu menghadirkan pengalaman tersendiri. Maka dari itu, pasar rakyat bisa menjadi salah satu tempat untuk berwisata atau sekadar jalan-jalan melepas penat.

Seperti halnya saat berkunjung ke Pasar Rakyat Fresh Market Bintaro di kawasan Bintaro Jaya. Di sekeliling pasar rakyat modern ini, berdiri ruko-ruko yang menjajakan banyak pilihan kuliner, serta kedai kopi sebagai pilihan asyik untuk nongkrong. Sebut saja beberapa tempat seperti, Hieraki Coffee, Bobal, Ow My Cafe, Sedari Coffe, Rumah Kopi by Celebes.

Ada juga tempat makan, seperti; Bebek Goreng Bikin Tajir, Umaramu Indonesian Noodle, Mata Angin Coffee dan Roastery, Bakmi Polim, Resto Kembang Blimbing. Semua rumah makan ini akan memberikan pengalaman yang berbeda-beda dalam hal cita rasa masakan.

Mengusung konsep pasar rakyat modern agar lebih nyaman dikunjungi, Fresh Market Bintaro pun memperhatikan tata letak dan sirkulasi udara di dalam pasar. Akses jalan pengunjung pada lorong-lorong lapak di dalam pasar dibuat cukup lebar, dengan variasi 2-3 meter, sehingga membuat aktivitas berbelanja dapat dilakukan dengan leluasa. Bangunan pun dibuat tanpa tingkat, dengan langit-langit yang tinggi sebagai ruang untuk ventilasi udara.

Kemudian untuk menjaga udara tetap segar dan bersih, di sekitar bangunan pasar ditanam pohon trambesi yang membuat kawasan ini terlihat hijau dan rindang.

Tak heran, jika kawasan Fresh Market Bintaro selalu ramai pengunjung, terutama di waktu weekend atau sore hingga malam, karena selain berbelanja di pasar tradisional, banyak juga yang menjadikannya tempat pilihan untuk nongkrong meluangkan waktu. Pasar ini dibuka dari pukul 03.00-22.00 WIB.

2. Ruang sosialisasi
Bukan hanya untuk melakukan interaksi sosial, pasar yang merupakan sarana umum juga bisa menjadi ruang untuk melakukan sosialisasi. Pasalnya, pasar rakyat yang merupakan sarana umum untuk pemenuh kebutuhan harian akan selalu ramai dikunjungi oleh berbagai lapisan masyarakat. Misalnya, sosialisasi untuk menerapkan protokol kesehatan 6M dan ajakan disiplin memakai masker. Ada juga sosialisasi yang dilakukan untuk para pedagang, seperti halnya workshop tentang digitalisasi dan literasi keuangan yang merupakan rangkaian acara dari Festival Pasar Rakyat 2021. Gelaran festival ini diselenggarakan oleh Adira Finance yang bekerja sama dengan Adira Finance Syariah, Titipku, RCTI+, Zurich Syariah, dan Gerakan Pakai Masker (GPM). Oleh karena itu, pasar menjadi salah satu tempat yang pas sebagai ruang sosialisasi informasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1830 seconds (0.1#10.140)