Janji Mendag: Minyak Goreng Rp14.000/Liter Akan Tersedia di Toko, Warung dan Pasar

Kamis, 20 Januari 2022 - 16:41 WIB
loading...
Janji Mendag: Minyak Goreng Rp14.000/Liter Akan Tersedia di Toko, Warung dan Pasar
Menteri Perdagangan atau Mendag Muhammad Lutfi memastikan, harga minyak goreng satu harga akan segera menyusul di seluruh toko sederhana dan pasar tradisional. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Minyak goreng satu harga Rp14.000 per liter sudah resmi dimulai kemarin, dimana untuk tahap awal hanya tersedia di ritel modern anggota Aprindo (Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia). Namun Menteri Perdagangan atau Mendag Muhammad Lutfi memastikan, harga minyak goreng satu harga akan segera menyusul di seluruh toko sederhana dan pasar tradisional.

"Dalam waktu dekat saya pastikan minyak goreng Rp.14.000/liter tersedia di seluruh toko, warung, dan pasar tradisional hingga pelosok Indonesia!," ucap Mendag Lutfi seperti dikutip dari akun instagram resmi @mendaglutfi.



Mendag Muhammad Lutfi menyampaikan, saat ini Kemendag masih memberikan waktu selama sepekan sejak penetapan minyak goreng kemasan satu harga pada Rabu, 19 Januari 2022, baik kemasan plastik maupun kemasan jeriken.

“Penyediaan minyak goreng kemasan melalui ritel merupakan tahap awal, selanjutnya kami akan memastikan minyak goreng kemasan Rp14.000 per liter tersedia di pasar tradisional di seluruh Indonesia,” tutur Mendag Lutfi dalam keterangan resminya, Kamis (20/1/2022).

Mendag menerangkan, harga Rp 14.000 tersebut merupakan harga per liter minyak goreng. Artinya, untuk ukuran 2 liter dipatok Rp 28.000. Begitupun untuk ukuran lainnya.

Selain itu, ditegaskannya, minyak goreng kemasan sederhana maupun premium yang dijual setara Rp 14.000 per liter ini hanya diperuntukkan bagi rumah tangga serta usaha kecil dan mikro (UKM). "Hanya diperuntukkan bagi kebutuhan rumah tangga serta usaha mikro dan usaha kecil," ujar Mendag.

Lutfi juga mengatakan bahwa saat ini Pemerintah terus melakukan pemantauan secara ketat terkait implementasi minyak goreng satu harga Rp 14.000 di seluruh ritel modern di 34 provinsi. Pasalnya, jika ditemukan produsen atau perusahaan minyak goreng yang menjual di atas harga Rp 14.000 per liter akan dikenakan sanksi.



Lebih lanjut setelah kemarin melakukan pemantauan secara daring 34 provinsi dari Sabang sampai Merauke, dari Banda Aceh sampai Atambua, dipastikan langsung minyak goreng Rp.14.000/liter telah tersedia di seluruh jaringan ritel modern anggota Aprindo.

Mendag juga berdiskusi langsung dengan konsumen, para Kepala Dinas Perdagangan, hingga pemilik gerai ritel modern memastikan ketersediaan stok dan pasokan minyak goreng Rp.14.000/liter untuk seluruh masyarakat se-Indonesia.

"Terima kasih kepada seluruh pihak mulai dari produsen minyak goreng, distributor, pemilik gerai, @aprindoindonesia, @bpdpkelapasawit, Dinas Perdagangan di seluruh Indonesia serta seluruh Kementerian dan Lembaga," terangnya.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1178 seconds (0.1#10.140)