Mendag Akan Setop Produk Impor yang Ganggu Industri Dalam Negeri

Kamis, 11 Juni 2020 - 15:55 WIB
loading...
Mendag Akan Setop Produk Impor yang Ganggu Industri Dalam Negeri
Kementerian Perdagangan akan menghentikan impor barang-barang yang mengganggu industri dalam negeri. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto mengatakan akan menghentikan impor barang-barang yang mengganggu industri dalam negeri. Untuk mengatasi hal itu, Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

"Kita akan lihat apakah ini sudah sesuai dengan aturan impor. Jika ada produk yang ganggu industri, maka akan kita hentikan atau stop impor tersebut," kata dia di Jakarta, Kamis (11/6/2020). (baca juga : Mendag Beri Penjelasan Soal Keputusan Cabut Larangan Ekspor APD )

Agus menambahkan bahwa saat ini pihaknya sedang melakukan pengetatan terhadap produk impor. Jika ada produk impor yang tak menunjang industri maka akan dikendalikan atau dihentikan. "Saya rasa aturan kita sudah cukup ketat, hanya tinggal pengawasan saja," terangnya.

Terkait dengan impor produk apa yang akan dihentikan, Agus menyatakan akan berkoordinasi dengan kementerian terkait. Pasalnya, keputusan untuk menghentikan impor tak bisa diputuskan oleh Kemendag sendiri.

"Untuk produknya kita tidak bisa sama ratakan. Oleh karena itu kita akan bahas dengan kementerian lain, sebab kita tidak bisa menetapkan sendiri. Hal ini dilakukan supaya ini tepat sasaran, produknya kita lihat mana yang tidak support industri kita. Kita lihat industrinya. Kita bahas dengan Kementerian Perindustrian," tutupnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1512 seconds (0.1#10.140)