Menparekraf Dorong Peningkatan Peran Taman Rekreasi untuk Buka Lapangan Kerja

Kamis, 27 Januari 2022 - 07:39 WIB
loading...
Menparekraf Dorong Peningkatan Peran Taman Rekreasi untuk Buka Lapangan Kerja
Menparekraf Sandiaga Uno saat hadir di acara Pelantikan Pengurus DPP PUTRI di Plataran Dharmawangsa, Jakarta, Rabu (26/1/2022). Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendorong peran taman rekreasi untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Hal itu dilakukan dengan terus menciptakan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi, sehingga dapat menggerakkan kebangkitan ekonomi dengan terbukanya lapangan kerja.

Hal tersebut disampaikan Menparekraf Sandiaga Uno saat hadir di acara Pelantikan Pengurus DPP Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) di Plataran Dharmawangsa, Jakarta, Rabu (26/1/2022).

"Hari ini kita kukuhkan pengurus DPP PUTRI Periode 2021-2026. Ada semangat baru, optimisme baru. Tadi sudah disampaikan bahwa PUTRI siap bermitra dengan pemerintah untuk membangkitkan ekonomi," kata Menparekraf Sandiaga Uno.



Keberadaan taman rekreasi yang tersebar di berbagai daerah Tanah Air dikatakan Menparekraf Sandiaga memiliki peranan besar dalam membuka lapangan kerja. Kemenparekraf sendiri menargetkan ada peningkatan penciptaan lapangan kerja di tahun 2022 sebesar 20-25%.

"Saya melihat puluhan ribu atau bahkan ratusan ribu lapangan kerja yang dapat hadir dari kehadiran taman rekreasi. Oleh karena itu, adalah tugas pemerintah, Kemenparekraf untuk memastikan program-program kita yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu," kata Sandiaga.

Salah satu kunci yang harus dapat dijalankan adalah penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin yang terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi. Kepatuhan dari taman rekreasi dalam penerapan protokol kesehatan akan sangat menumbuhkan kehadiran tren baru pariwisata yang customized, localize, personalize, dan smaller in size.

Selain itu, Taman Rekreasi juga harus memaksimalkan peranan ekonomi kreatif untuk dapat saling menunjang taman rekreasi sebagai destinasi wisata.

Di dalam keanggotaan PUTRI juga terdapat desa wisata. Secara khusus, Menparekraf Sandiaga berpesan agar desa-desa wisata dapat memperkuat kapasitas dengan kemampuan marketing yang baik. "Karena tanpa bisa me-market diri, mereka tidak akan mungkin bisa meningkatkan kualitas serta keberlanjutan dari setiap destinasi," ujarnya.

Ketua Umum DPP Putri, Hans Manansang, menjelaskan, PUTRI adalah organisasi yang menaungi objek-objek wisata atau desa wisata yang ada di Indonesia. Antara lain jenis destinasi desa wisata, rekreasi alam, rekreasi buatan atau theme park, permainan anak, wisata konservasi, wisata museum, serta wisata seni dan budaya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1835 seconds (0.1#10.140)