Marak Pesohor Beli Klub Sepak Bola: Awas! Gorengan untuk Dapat Cuan

Rabu, 02 Februari 2022 - 07:48 WIB
loading...
Marak Pesohor Beli Klub Sepak Bola: Awas! Gorengan untuk Dapat Cuan
Jejak Raffi Ahmad membeli klub sepak bola diikuti oleh sejumlah pesohor lainnya. Foto/@raffinagita1717.
A A A
JAKARTA - Maraknya artis "big money" yang memiliki modal besar dalam mendiversifikasi bisnis panggungnya ke industri sepak bola kian menjadi perbincangan publik. Setelah Raffi Ahmad hingga Atta Halilintar, sosok Prilly Latuconsina mencuat tatkala mengakuisisi klub Liga 3, Persikota Tangerang.



Prilly yang notabene merupakan pemain film dan sinetron ini mampu mendobrak kelaziman di masyarakat. Pertama, kepemilikan klub sepak bola tidak selalu identik dengan laki-laki, dan kedua tidak hanya pengusaha konvesional yang bisa memiliki klub bola.

Sejalan dengan dunia kulit bundar yang seksi, riuhnya animo penikmat bola tampaknya menjadi target artis-artis ini melebarkan kantong uangnya. Pakar Marketing dan Managing Partner Inventure Yuswohady membaca, bergabungnya seniman panggung dalam industri sepak bola menandai terbentuknya era baru investasi dunia olah raga.

"Sebelum era masuknya artis, kan sudah banyak pengusaha yang masuk klub bola bahkan buat klub bola. Kalau saya bilang, ini dimensi baru," kata Siwo, panggilan akrabnya, saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Selasa (1/2/2022).

Menurut Siwo, masuknya figur publik justru menjadi berkah bagi industri bola mengingat kecintaan masyarakat terhadap kompetisi sepak bola tak lekas padam.

Siwo menilai para seniman panggung ini mampu menggabungkan brand yang mereka bangun dengan brand klub yang dimiliki, sekaligus dapat mengkombinasikan pengikut mereka ke dalam suporter klub di tengah pangsa pasar yang lebar.

Mengingat besarnya "sense of belonging" masyarakat terhadap klub kecintaannya, suntikan modal artis di sebuah klub juga dinilai menjadi titik temu investor, pengusaha atau pemilik klub, dan konsumen.



"Artis itu juga brand. Prilly itu brand. Raffi Ahmad itu brand. Brand itu kalau dipupuk terus jadinya bagus. Kalau dia (artis) beli klub, itu bisa diinterpretasikan sebagai cobranding," tuturnya.

Namun, Siwo menyoroti bahwa keberlangsungan brand bagi suatu klub yang lekat dengan "ketokohan" akan bergantung terhadap aktivitas figur publik tersebut.

"Kalau artisnya kena narkoba, bisa jadi brandnya hancur. Sama sebenarnya dengan produk bisnis tertentu, kalau brand suatu produk kena kasus misalnya, bisa jadi dia bakal turun," terangnya.

Selain itu, Siwo menitikberatkan prospek bisnis dan branding sepak bola terletak di peminatnya. Dalam hal ini, dirinya meyakini bahwa manajemen dan komitmen pengelola klub adalah kunci brand itu bisa memiliki keberlanjutan.

"Jadi menurut saya, sustainable industri sepak bola itu ada di basis customernya. Sekali lagi, kuncinya itu ada di komitmen dan manajemen. Perlu dipertanyakan apakah saat artis itu beli, kinerja manajemennya jadi mumpuni tidak," tukasnya.

Siwo mengkhawatirkan masuknya artis dalam klub bola tanpa disertai kemampuan fundamental bisnis yang kuat, terlebih hanya mengikuti tren semata, dapat memutarbalikkan prospek usaha.

Lebih jauh Siwo menyayangkan apabila bergabungnya artis ke dalam sebuah klub hanya digunakan sebagai gorengan para pengusaha semata dalam membangun imaji positif untuk umpan dalam samudera pencarian investor.



"Takutnya itu klub-klub bola hanya menggoreng ketenaran artis, baik dari pemilik lama maupun si artis juga yang kebetulan ingin punya klub. Sehingga saat sudah dapat misinya, dapat cuan, terus lari," tegasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2382 seconds (0.1#10.140)