Ruas Tol Binjai-Stabat Rampung, Erick Thohir: Stabat ke Bandara Kualanamu Hanya 45 Menit

Rabu, 02 Februari 2022 - 12:03 WIB
loading...
Ruas Tol Binjai-Stabat Rampung, Erick Thohir: Stabat ke Bandara Kualanamu Hanya 45 Menit
Menteri BUMN Erick Thohir menerangkan, kehadiran ruas jalan tol Binjai-Strabat akan membantu memangkas waktu tempuh Stabat ke Bandara Kualanamu (KNO) dari 2 jam menjadi kurang lebih 45 menit saja. Foto/Dok HK
A A A
BINJAI - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengapresiasi penyelesaian proyek Jalan Tol – Trans Sumatera (JTTS) ruas Binjai – Langsa seksi Binjai – Stabat sepanjang 11,8 km. Menurutnya, kehadiran jalan tol ini akan membantu memangkas waktu tempuh Stabat ke Bandara Kualanamu (KNO) dari 2 jam menjadi kurang lebih 45 menit saja.



Erick juga mengapresiasi kinerja PT Hutama Karya (Persero) selaku owner proyek beserta PT HK Infrastruktur (HKI) selaku kontraktor dalam percepatan penyelesaian ruas tol tersebut. Selain itu, Erick juga menyampaikan bahwa rampungnya proyek tol ruas Binjai – Langsa seksi Binjai – Stabat menambah panjang JTTS yang sarat akan manfaat.

“Jalan Tol Binjai – Stabat akan terhubung langsung ke Tol Medan – Binjai yang sudah terlebih dahulu beroperasi. Kehadiran jalan tol ini akan membantu memangkas waktu tempuh Stabat ke Bandara Kualanamu (KNO) dari 2 jam menjadi kurang lebih 45 menit saja,” ujar Erick Tohir, Rabu (2/2/2022).

Ruas Tol Binjai-Stabat Rampung, Erick Thohir: Stabat ke Bandara Kualanamu Hanya 45 Menit


Sementara itu Hutama Karya memastikan bahwa untuk mempersiapkan pengoperasian Tol Binjai – Stabat, telah dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF) pada 14 – 15 Januari 2022 lalu oleh perusahaan bersama dengan Badan Pengatur Jalan Tol, Bina Marga, Korlantas, BBPJN Sumut, dan instansi lainnya. Adapun Sertifikat Laik Operasi (SLO) telah diterima perusahaan pada 28 Januari 2022 lalu.

Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto menyampaikan, keberadaan Tol Binjai –Stabat akan membuka konektivitas baru dari Kecamatan Stabat ke Kota Binjai dan bahkan hingga Medan.

“Setelah nanti dioperasikan, harapannya dapat mempercepat angkutan barang hingga angkutan manusia,” ungkap Budi.

Budi juga juga mencatat Jalan Tol Binjai – Stabat menjadi bagian dari pembangunan Jalan Tol Binjai – Langsa sepanjang 131 Km. Nantinya kehadiran tol ini akan menghubungkan dua Provinsi yakni Sumatera Utara dan Provinsi Aceh. Sehingga akan berdampak dan mendongkrak perekonomian daerah setempat.

“Dalam percepatan penyelesaian Tol Binjai – Stabat, seluruh proses konstruksi hingga proses pembebasan lahan berjalan dengan baik. Kami berterima kasih atas dukungan semua stakeholder sehingga pembangunan tol ini dapat berjalan lancar, minim kendala dan sesuai target yang telah ditentukan,” kata Budi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1286 seconds (0.1#10.140)