Lifting Migas 2021 Tak Capai Target, SKK Migas Beberkan Alasannya

Rabu, 02 Februari 2022 - 16:33 WIB
loading...
Lifting Migas 2021 Tak Capai Target, SKK Migas Beberkan Alasannya
Realisasi lifting migas tahun 2021 tak mencapai target akibat sejumlah faktor, khususnya pandemi. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menjelaskan bahwa realisasi lifting migas tahun 2021 tidak mencapai target yang ditetapkan akibat sejumlah faktor. Sepanjang 2021, realisasi lifting minyak tercatat mencapai 660 ribu barrel oil per day (BOPD) dan gas mencapai 982 ribu barrel oil equivalent per day (BOEPD).

"Memang memasuki 2021 itu kita terpukul karena ada pandemi, kira-kira kita minus (produksi) 20 ribu BOEPD rata-rata dalam satu tahun, lalu ada unplanned shutdown juga berpengaruh di kilang LNG Tangguh dan ConocoPhilip," papar Kepala SKK Migas Dwi Sutjipto dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi VII DPR, Rabu (2/2/2022).



Dia melanjutkan, seharusnya LNG Tangguh train 3 juga beroperasi di triwulan III 2021. Namun, karena adanya pandemi Covid-19, jadwalnya digeser ke akhir 2022. "Selain itu kandungan air di Cepu (Mobil Cepu LTD) meningkat sehingga ikut mempengaruhi lifting," tuturnya.

Dwi menjelaskan, hambatan lainnya adalah sejumlah masalah di kegiatan drilling dan workover, mulai dari masalah final investment hingga perizinan. Namun Dwi mengatakan bahwa SKK Migas telah mengatasi masalah ini di akhir 2021.

"Produksi migas juga terganggu gara-gara adanya delay/penundaan pada proyek yang harusnya bisa segera on stream. Ini karena pengaruh keterbatasan orang dan pengiriman karena adanya pandemi," lanjutnya.



terlepas dari capaian tersebut, untuk tahun ini target lifting minyak dinaikkan menjadi 773 ribu BOPD dan gas menjadi 1,03 juta BOEPD. Dwi memastikan SKK Migas akan mengawal dengan berbagai cara agar target ini tercapai.

"Misalnya dengan penambahan pengeboran, lalu misalnya saat LNG Tangguh problem di September tapi sudah bisa kita naikkan, kemudian saat pipi ONWJ (PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java) ada kebocoran itu juga kita kembali naikkan," ujarnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1845 seconds (0.1#10.140)