Erick Thohir Ungkap 4 Alasan Kenapa Anak Muda Harus Punya Growth Mindset

Kamis, 03 Februari 2022 - 19:48 WIB
loading...
Erick Thohir Ungkap 4 Alasan Kenapa Anak Muda Harus Punya Growth Mindset
Pentingnya growth mindset disampaikan oleh Erick Thohir, dalam menghadapi Persaingan di era digital. Menurut Erick ada 4 alasan utama mengapa anak-anak muda, khususnya talenta digital, harus memiliki growth mindset. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Era disrupsi mengubah peta profesi anak-anak muda saat ini. Persaingan di era digital tidak lagi seperti zaman dulu, sekarang anak-anak muda dengan growth mindset dan agility bisa dengan mudah melakukan disrupsi terhadap berbagai bidang. Kehadiran startup teknologi dengan solusi terhadap berbagai permasalahan adalah contoh nyata.



Pentingnya growth mindset disampaikan oleh Erick Thohir , Menteri BUMN & Head Mentor IDT saat mengisi Head Mentor Session di Indonesia Digital Tribe, Kamis (27/1). Menurut Menteri Erick ada 4 alasan utama mengapa anak-anak muda, khususnya talenta digital , harus memiliki growth mindset. Ini dia alasannya:

1. Tetap relevan di tengah disrupsi

Disrupsi telah mengubah status quo dan mendorong bisnis untuk beradaptasi dengan cepat. Anak muda tidak boleh terjebak pada status quo karena ada banyak tantangan dan disrupsi di masa depan sehingga semua perlu belajar untuk lebih agile dan beradaptasi. Sehingga dapat memastikan pertumbuhan bisnis dan ekonomi Indonesia dan relevansi kita ke depan.

2. Kunci untuk maju. Jangan pasrah dengan keadaan

Growth mindset atau kemampuan adaptasi adalah kunci pertumbuhan pribadi dan juga bisnis di tengah banyak disrupsi global. Growth mindset membuat seseorang memiliki sikap yang memungkinkan dirinya untuk mengambil langkah berani agar dapat terus melaju, sangat berbeda dengan yang terpaku pada fixed mindset. Mindset tidak mengenal usia dan bergantung pada keputusan individu.

Erick Thohir membagikan pengalaman ayahnya, yang pada usia 10 tahun merantau dari Gunung Sugih ke Tanjung Karang, karena di kampung halamannya tidak ada SMP. Kemudian ke Solo agar bisa mengenyam bangku pendidikan SMEA. Ini adalah bentuk growth mindset, seseorang dengan fixed mindset cenderung pasrah menerima keadaan.

3. Membangun Kepercayaan Diri

Untuk bisa terus bertumbuh, dan maju di zaman yang terus berubah, diperlukan kepercayaan diri (confidence). Confidence bisa tumbuh dengan adanya growth mindset, yang diiringi dengan selalu berlatih dan tidak berpuas diri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1732 seconds (0.1#10.140)