Konsumsi listrik bisa dihemat 25%

Sabtu, 06 Oktober 2012 - 18:14 WIB
Konsumsi listrik bisa dihemat 25%
Konsumsi listrik bisa dihemat 25%
A A A
Sindonews.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengajak masyarakat untuk melakukan penghematan energi listrik.

“Kita mengajak semua masyarakat untuk mengurangi pemakaian energi listrik,” ajak Direktur Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBKTE) Kementrian ESDM Maryam Ayuni di Hotel Manhattan, Jakarta, Sabtu (6/10/2012).

Dia menambahkan, konsumsi listrik masyarakat Indonesia saat ini telah mengalami penurunan. “Konsumsi listrik cukup signifikan penurunannya,” sambung Maryam.

Menurut perhitungan Kementerian ESDM, konsumsi listrik masyarakat masih bisa ditekan lagi hingga 25 persen. “Potensi penghematan rata-rata dari sektor industri dan rumah tangga itu berkisar antara 15 sampai 25 persen,” jelasnya.

Saat ini, Kementerian ESDM sedang berusaha mendorong penghematan konsumsi energi, termasuk listrik. Melalui Energy Efficiency Conservation Clearing House Indonesia (EECCHI), salah satu unit Kementerian ESDM, kementerian teknis ini akan melakukan berbagai kegiatan sosialisasi dan program untuk mendorong konservasi energi.

Maryam juga menuturkan bahwa penghematan konsumsi listrik akan membantu pemenuhan kebutuhan listrik di daerah-daerah pelosok yang masih belum mendapatkan pasokan listrik.

“Satu lampu saja bisa kita kurangi disini maka kita bisa melihat orang lain menyalakan satu lampu lain disana (yang semula belum mendapatkan listrik),” tandasnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1675 seconds (0.1#10.140)