Kredit Mandiri untuk sektor industri meningkat

Kamis, 11 Oktober 2012 - 17:48 WIB
Kredit Mandiri untuk sektor industri meningkat
Kredit Mandiri untuk sektor industri meningkat
A A A
Sindonews.com - Selama semester 1/2012, pembiayaan sektor industri besar dan kecil meningkat cukup signifikan. Peningkatan tersebut menunjukkan peningkatan aktifitas industri besar di wilayah Jawa Barat.

Kepala PT Bank Mandiri wilayah VI Hadiyono mengatakan, selama periode Januari-Juni 2012 serapan kredit dari sektor industri besar dan kecil meningkat cukup signifikan dibanding periode yang sama tahun lalu. Dari tital penyaluran kredit dari semester I, sekitar 40 persennya diserap sektor industri.

“Selama semester I, kredit Bank Mandiri tumbuh 25 persen. Pencapaian tersebut didorong peningkatan serapan kredit dari sektor industri. Seperti tekstil dan produk tekstil (TPT), farmasi, consumer good, property, dan lainnya,” kata Hadiyono seusai menghadiri Workshop Wirausaha Mandiri melibatkan 1.000 mahasiswa di Trans Luxtury Hotel, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Kamis (11/10/2012).

Selama ini, lanjut dia, alokasi kredit terhadap sektor perdagangan selalu lebih besar ketimbang sektor lainnya. Namun pada tahun 2012, kredit ke sektor industri nyaris sama dengan alokasi terhadap sektor perdagangan. Hal itu menunjukkan, industri di Jabar mulai menggelit, ditengah terpaan ketidakpastian ekonomi global.

Selain itu, penyaluran kredit melalui pelaku usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) juga cukup menjanjikan. Pembiayaan terhadap pelaku usaha mikro selama semester 1/2012 mencapai Rp1,4 triliun. Meningkat cukup signifikan dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Di mana, pencapaian kredit mikro selama tahun 2011 sebesar Rp1 triliun.

“Sampai akhir tahun, serapan kredit UMKM kami proyeksikan mencapai Rp2 triliun. Terlebih, tahun ini kami menambah 42 unit kantor mikro, sehingga jumlahnya menjadi 164 unit,” timpal dia. Menurut dia, sektor perdagangan masih mendominasi pinjaman kredit UMKM terhadap Bank Mandiri.

Optimisme tersebut, juga sejalan dengan berbagai upaya yang dilakukan Bank Mandiri dalam menggaet konsumen. Pada semester pertama di 2012, Bank Mandiri mencatat pertumbuhan market share menjadi 9% dari total penyaluran kredit di Jawa Barat.

Sementara itu, pada Workshop Wirausaha Muda Mandiri dan Mandiri Edukasi 2012, Bank Mandiri juga memberikan bantuan buku perpustakaan di sekolah dasar dan lanjutan senilai Rp990 juta. Serta pemberian beasiswa Mandiri Prestasi sebesar Rp12,4 miliar kepada sekitar 260 mahasiswa dari 13 perguruan tinggi di Indonesia.

Pemberian beasiswa kepada ratusan pelajar dan mahasiswa, merupakan tindak lanjut dari Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). Sampai September 2012, Bank Mandiri telah menyalurkan dana PKBL senilai Rp57 miliar.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5336 seconds (0.1#10.140)