Pertamina disarankan beli aset Petronas di RI

Rabu, 24 Oktober 2012 - 15:03 WIB
Pertamina disarankan beli aset Petronas di RI
Pertamina disarankan beli aset Petronas di RI
A A A
Sindonews.com - PT Pertamina berpeluang mengambil alih sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Petronas yang kini terbengkalai pasca penghentian operasi Petronas di Indonesia.

"Ini kesempatan untuk diambil. Tapi ini kesempatan kalau Pertamina mau beli," pungkas Direktur Eksekutif Institute Resource Studies Marwan Batubara pada sela-sela acara Dialog “Energi dalam Perspektif Ketahanan Nasional” di Hotel Four Season, Jakarta, Rabu (24/10/2012).

Marwan menilai, pengambilalihan SPBU Petronas akan sangat menguntungkan Pertamina. Ia memprediksi bahwa Petronas akan menjual aset-asetnya tersebut dengan harga murah. Selain itu, pertamina akan mendapatkan SPBU di lokasi-lokasi yang strategis berdasarkan survei Petronas.

"Kalau Petronas lelang, harganya akan murah. Lalu Pertamina tak perlu dari nol. Tempat Petronas juga tidak sembarangan, mereka sudah survei," terangnya.

Lebih lanjut, bila Petamina benar-benar mengakuisisi aset Petronas di Indonesia, Marwan meminta Petamina untuk menjual BBM produksinya sendiri di SPBU-SPBU tersebut, bukan BBM produksi Petronas. "Harus dilihat nasionalisme kita. Kita ingin produk dalam negeri," tandasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.1004 seconds (0.1#10.140)