Ahok Sebut Pertamina Masih Bisa Cuan Rp14,2 Triliun Meski Harga Pertamax Batal Naik

Kamis, 10 Februari 2022 - 21:31 WIB
loading...
Ahok Sebut Pertamina Masih Bisa Cuan Rp14,2 Triliun Meski Harga Pertamax Batal Naik
Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menyatakan Pertamina masih bisa meraih keuntungan tahun ini meski tidak menaikkan harga BBM Pertamax. Foto/Instagram
A A A
JAKARTA - Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menyatakan Pertamina masih bisa meraih keuntungan tahun ini meski tidak menaikkan harga BBM jenis Pertamax.

Ahok memperkirakan keuntungan Pertamina bisa di atas USD1 miliar atau sekira Rp14,2 triliun (asumsi kurs Rp14.200 per dolar AS).

"Kami berharap jika Pertamina nggak boleh naikin harga (Pertamax) tahun ini, masih bisa lah mencapai keuntungan di atas USD1 miliar," kata Ahok dalam acara DBSI Spring Festival secara virtual, Kamis (10/2/2022).



Menurut dia, pemerintah lebih baik mengubah skema subsidi BBM saat ini agar bisa menghemat banyak devisa. Caranya, skema subsidi BBM berbasis komoditas diganti menjadi subsidi langsung ke pihak yang berhak menerima subsidi.

Ahok memprediksi, dengan mengubah skema subsidi tersebut, maka perusahaan pelat merah itu bisa untung USD4-5 miliar per tahun. "Jadi, harapan saya pemerintah mulai membikin subsidi ke orang langsung," tukas mantan gubernur DKI Jakarta itu.



Sebelumnya, Pertamina dikabarkan akan menaikkan harga BBM Pertamax. Menurut Pjs Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Sub Holding Commercial & Trading Irto Ginting, rencana penyesuaian harga BBM beroktan (RON) 92 itu masih dalam kajian.

"Kami masih mereview untuk penyesuaian tersebut," ujar Irto kepada MNC Portal Indonesia, Selasa (8/2/2022).

Di sisi lain, Irto menyebut harga Pertamax memang belum mengalami penyesuaian sejak Februari 2020. Sebagai catatan, saat ini harga Pertamax dibanderol Rp9.000 per liter.

Penyesuaian harga BBM dilakukan berdasarkan pada harga minyak mentah dunia dan kurs dolar Amerika Serikat (AS). Harga minyak dunia belakangan sempat melambung hingga menyentuh USD90 per barel.



Seiring melonjaknya harga minyak dunia, sejumlah operator SPBU juga mulai menaikkan harga BBM. Di antaranya BBM di SPBU Shell yang mengalami kenaikan hampir Rp1.000 per liter mulai 1 Februari 2022 lalu.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1664 seconds (0.1#10.140)