Penjualan Tumbuh 1,4%, Unilever Cetak Keuntungan Rp5,7 Triliun di 2021

Jum'at, 11 Februari 2022 - 09:53 WIB
loading...
Penjualan Tumbuh 1,4%, Unilever Cetak Keuntungan Rp5,7 Triliun di 2021
Unilever Indonesia berhasil membukukan untung bersih sebanyak Rp5,7 triliun. FOTO/IDXChannel
A A A
JAKARTA - Pembatasan aktivitas masyarakat selama tahun 2021 mempengaruhi daya beli konsumen sepanjang tahun 2021 dan secara langsung mempengaruhi kinerja sejumlah emiten. Ditambah lagi, pada tingkat global kenaikan harga crude palm oil (CPO) yang merupakan bahan baku industri fast moving consumer goods (FMCG) juga menjadi tantangan bagi perusahaan seperti Unilever Indonesia . Meski demikian, kinerja emiten berkode UNVR ini masih menjanjikan dengan berhasil membukukan untung bersih sebanyak Rp5,7 triliun.

Presiden Direktur Unilever Indonesia Ira Noviarti mengatakan bahwa daya beli konsumen yang menurun sehingga butuh waktu seperti sebelum pandemi. Tantangan ditambah adanya lonjakan harga bahan baku juga menyertai operasional Unilever sepanjang tahun 2021.

Pihaknya optimistis di tengah berbagai tantangan hebat ini sebagai sesuatu yang membawa optimisme di tahun-tahun mendatang. "Perseroan terus menggenjot berbagai produk yang memiliki peluang besar, misalnya dari kategori Foods and Refreshment yang berhasil menopang pertumbuhan Perseroan di tahun ini," kata Ira dikutip melalui pernyataan resmi yang diterima MNC Portal Indonesia, Jumat (11/2/2022).



Berdasarkan laporan Unilever berhasil mencatat penjualan bersih sebesar Rp39,5 triliun. Kategori Foods & Refreshment menjadi penopang utama pertumbuhan dengan membukukan pertumbuhan penjualan sebesar 1,4% di tahun 2021.

Menyikapi ketidakpastian yang masih terus terjadi, Ira juga menekankan komitmen Perseroan terus memastikan ketersediaan opsi produk unggulan Unilever pada tingkatan harga yang terjangkau dengan menetapkan rekomendasi harga yang disarankan pada rentang Rp500-Rp2.000, khususnya pada portofolio produk primer yang sangat dibutuhkan masyarakat seperti Royco, Bango, Rinso, Sunlight, Sunsilk, dan Clear. Pemenuhan kebutuhan masyarakat melalui jalur distribusi yang tepat juga menjadi aspek penting keunggulan perseroan.

Pengamat Pasar Modal Asosiasi Analis Efek Indonesia Reza Priyambada menilai kinerja dari Unilever Indonesia dilihat dalam beberapa tahun terakhir memang masih mencatatkan kinerja yang baik. Dari sisi kinerja masih menjanjikan, apalagi produk-produk emiten dengan kode saham UNVR ini masih banyak dikonsumsi oleh masyarakat karena merupakan barang kebutuhan sehari-hari.

Tantangan, memang lebih pada kondisi pandemi. Meski begitu, daya beli akan tetap ada. Bisa saja ada pengurangan konsumsi masyarakat, namun tetap saja orang beli produk Unilever.

"Misal, produk sabun. Meski ekonomi lesu orang tetap membutuhkan untuk kebutuhan sanitasi setiap harinya. Implikasinya, konsumen akan lebih berhemat dengan mengurangi pembelian. Misal, yang sebelumnya beli Lifebuoy kemasan isi ulang besar/botol, sekarang orang beli kemasan lebih kecil," jelas Reza.

Dia mengatakan kinerja Unilever yang masih positif terjaga ditopang rentang produk perseroan yangsudah terdiversifikasi. Apalagi, selama tahun 2021 ada banyak produk baru yang diluncurkan untuk menjaga dominasi pasar.

Hingga kuartal III 2021 UNVR telah merilis 44 produk, baik launching maupun relaunching, yang sebagian besarnya berasal dari sub-segmen beauty & personal care. Pada rilis resmi yang diterima redaksi, pada triwulan-IV tahun 2021, Unilever juga berhasil meluncurkan beberapa inovasi lain yang sejalan dengan strategi prioritas perseroan dalam hal perluasan portfolio ke segmen premium dan value. Pada kelompok produk kecantikan dengan peluncuran Vaseline Gluta-Hya Serum Burst Lotion, serta perluasan segmen produk bayi pada merek Dove.

Seperti yang diketahui, Unilever Indonesia pada 2022 memiliki 5 strategi utama, pertama intensifikasi merek unggulan melalui inovasi untuk memperluas pasar, kedua perluasan portofolio untuk menjangkau segmen premium dan segmen value, ketiga penetrasi kanal penjualan utama seperti GT dan ritel moderen, dan kanal penjualan masa depan (e-commerce), keempat menjadi yang terdepan dalam membangun kapabilitas digital dan penggunaan data, dan terus memimpin dalam bisnis yang berkelanjutan.



Dari berbagai sumber, diketahui bahwa manajemen Unilever Indonesia secara berkala turun langsung ke mitra bisnis serta konsumen untuk terus memperbaharui insight pasar yang akurat, khususnya dalam menjawab aspirasi di setiap periode.

Perseroan terus memegang kuat komitmennya untuk tumbuh bersama masyarakat Indonesia dan tetap aktif memberikan kontribusi tanggung jawab sosial khususnya pada masa-masa sulit seperti saat ini. Memasuki tahun 2022, Perseroan optimis bahwa dengan strategi prioritas yang perusahaan terapkan saat ini, Perseroan sudah berada di jalur yang tepat untuk kembali menuju pertumbuhan yang konsisten dan berkelanjutan.

"Kami optimistis bahwa di tahun 2022, seiring dengan membaiknya perekonomian Indonesia, semakin besar juga peluang bagi Perseroan untuk mengakselerasi pertumbuhan bisnis yang konsisten, kompetitif, menguntungkan, dan bertanggung jawab," tutup Ira.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1261 seconds (0.1#10.140)