Industri Manufaktur Dukung Pemerintah Tekan Emisi Karbon

Jum'at, 11 Februari 2022 - 16:40 WIB
loading...
Industri Manufaktur Dukung Pemerintah Tekan Emisi Karbon
Ilustrasi. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Indonesia memiliki komitmen besar dalam mitigasi perubahan iklim yang masih harus direalisasikan dalam berbagai kebijakan. Dalam konteks tersebut, kolaborasi dengan sektor industri terus ditingkatkan yang diharapkan dapat berkontribusi terhadap cita-cita Indonesia menjadi negara nol emisi karbon pada 2050.

Perusahaan pun diharapkan memiliki perhatian besar terhadap isu perubahan iklim. Seperti yang saat ini dikerjakan Mowilex Indonesia dengan menerapkan kebijakan ketat mengurangi dampak emisi gas buang.

Sebagai bukti, perusahaan yang bergerak di sektor manufaktur ini berhasil memproduksi cat dengan kandungan senyawa organik volatil (VOC) dengan level rendah/nol, cat berbasis air, serta cat pelapis bebas timah.



Perusahaan berhasil mengadaptasi formulasi dengan menggunakan bahan baku lokal tanpa mengorbankan kualitas. Tak hanya soal emisi, alternatif tersebut selain mengamankan ketersediaan produk, memberikan harga yang lebih kompetitif akibat gangguan distribusi impor terkait pandemi dan kekurangan bahan baku.

Selain itu juga menggunakan carbon offset dan menghentikan produksi cat kayu dan besi yang menggunakan bahan timbal pada tahun 2019 dan meluncurkan formulasi bebas timbal. Berkat usahanya itu, Mowilex berhasil memperoleh apresiasi dari Frost & Sullivan dengan dianugerahi penghargaan Indonesian Paints and Coatings Enabling Technology Leadership Award 2021.

"Inovasi baru rendah toksisitas serta ramah lingkungan merupakan terobosan perusahaan dengan komitmen yang tinggi untuk menciptakan lingkungan yang sehat," Konsultan Senior Bidang Praktik Bahan Kimia dan Nutrisi Frost & Sullivan Mahendra Chahar, melalui pernyataannya, Jumat (11/2/2022).

Menurut dia praktik manufaktur yang baik, sumber bahan baku berkualitas tinggi, dan mekanisme kontrol kualitas yang kuat, mencerminkan komitmen perusahaan terhadap kualitas. Setiap tahun, Frost & Sullivan memberikan apresiasi kepada perusahaan yang telah mengembangkan teknologi perintis tidak hanya meningkatkan produk saat ini, tetapi juga memungkinkan pengembangan produk dan aplikasi baru.



Penghargaan dari Frost & Sullivan mengakui perusahaan di berbagai pasar regional dan global karena menunjukkan kinerja unggul dalam kepemimpinan, inovasi teknologi hijau dan pengembangan produk strategis. "Analis industri membandingkan pelaku pasar dan mengukur kinerja melalui wawancara mendalam, analisis, dan penelitian sekunder ekstensif untuk mengidentifikasi praktik terbaik di industri," kata dia.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1302 seconds (0.1#10.140)