11 Universitas Ini Paling Banyak Melahirkan Miliarder, AS Mendominasi

Rabu, 16 Februari 2022 - 14:03 WIB
loading...
11 Universitas Ini Paling Banyak Melahirkan Miliarder, AS Mendominasi
Ribuan miliarder dunia atau tepatnya 2.755 orang yang masuk dalam daftar Forbes tahun 2021 telah merima gelar sarjana dari seluruh dunia. Berikut 11 perguruan tinggi dengan alumni sarjana miliarder terbanyak. Foto/Dok
A A A
CAMBRIDGE - Ribuan miliarder dunia atau tepatnya 2.755 orang yang masuk dalam daftar Forbes tahun 2021 telah menerima gelar sarjana dari seluruh dunia, mulai dari Universitas Al-Azhar di Mesir hingga Universitas Teknologi Zhejiang di China. Namun tak sedikit di antara kalangan miliarder ada yang tidak kuliah sama sekali atau bahkan dropout sebelum memperoleh ijazah.



Dua orang ini termasuk di antaranya yang keluar dari Harvard dan ada dalam daftar lima orang terkaya di dunia yakni Bill Gates dan Mark Zuckerberg. Tetapi di antara miliarder yang menyelesaikan pendidikan sarjana mereka, beberapa universitas menonjol dengan melahirkan banyak miliarder.

Harvard memimpin pada urutan pertama, dengan setidaknya 29 miliarder yang merupakan alumninya ambil bagian dalam daftar Forbes. (Kami menemukan informasi tentang pendidikan sarjana mayoritas, tetapi tidak semua, dari daftar anggota.) Lima universitas Ivy League lainnya masuk 11 besar.



Sepuluh dari 11 sekolah ini berlokasi di Amerika Serikat—MIT dan tiga sekolah dari California melengkapinya, meskipun alumni mereka memiliki kewarganegaraan beragam, dari mulai Kolombia hingga Irlandia sampai Filipina. Satu-satunya sekolah non-AS? yakni University of Mumbai, universitas negeri di India yang merupakan salah satu perguruan tinggi terbesar di dunia berdasarkan pendaftaran.

Yang tidak ada adalah Universitas Nasional Seoul Korea Selatan dan Universitas Tsinghua China. Berikut 11 perguruan tinggi dengan alumni sarjana miliarder terbanyak, berdasarkan data pendidikan yang dikumpulkan Forbes.

1. Universitas Harvard

29 Miliarder
Lokasi: Cambridge, Massachusetts
Jumlah Kekayaan Bersih: USD207 miliar setara Rp2.950 triliun (Kurs Rp14.253 per USD)

Harvard Yard melahirkan lulusan miliarder paling banyak dari sekolah manapun. Dari 29 miliarder yang berhasil dicetak, 17 di antaranya mengumpulkan kekayaan mereka dari industri keuangan dan investasi, termasuk tiga pendatang baru dalam daftar orang terkaya di dunia yakni si kembar Bitcoin, Cameron dan Tyler Winklevoss, dan mantan CEO Goldman Sachs. Lloyd Blankfein.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1987 seconds (0.1#10.140)