Erick Thohir Ungkap Peran BUMN dalam Hilirisasi dan Efek Berantainya

Rabu, 23 Februari 2022 - 12:33 WIB
loading...
Erick Thohir Ungkap Peran BUMN dalam Hilirisasi dan Efek Berantainya
Menteri BUMN Erick Thohir membeberkan inisiatif strategi yang dilakukan pemerintah melalui perusahaan pelat merah untuk membangun hilirisasi SDA di dalam negeri. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mencatat, hilirisasi sumber daya alam alam (SDA) akan menekan ketergantungan impor Indonesia terhadap produk-produk asing. Karena itu, upaya penguatan hilirisasi SDA terus diperkuat.

Erick pun membeberkan inisiatif strategi yang dilakukan pemerintah melalui perusahaan pelat merah untuk membangun hilirisasi SDA di dalam negeri. Inisiatif tersebut diantaranya, pembangunan smelter, pembentukan Indonesia Battery Corporation (IBC), dan gasifikasi batu bara menjadi Dimethyl Ether (DME).

"Hilirisasi sumber daya alam sangat penting untuk mewujudkan Indonesia yang lebih mandiri karena mengurangi ketergantungan terhadap produk impor. Bersama Holding BUMN Industri Pertambangan, kami melakukan inisiatif antara lain pembangunan smelter, pembentukan Indonesia Battery Corporation (IBC), dan gasifikasi batu bara menjadi Dimethyl Ether (DME)," ujar Erick melalui akun instagramnya, dikutip Rabu (23/2/2022).



Ihwal pembangunan Smelter, PT Freeport Indonesia (PTFI) baru saja membangun fasilitas pengolahan hasil tambang tersebut. Pembangunan smelter Freeport Indonesia menjadi yang terbesar di dunia pun sudah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Adapun nilai investasi sebesar Rp42 triliun yang dibangun di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, Provinsi Jawa Timur. Dalam pembangunan itu, PTFI menggandeng PT Chiyoda International Indonesia untuk melakukan pekerjaan Engineering, Procurement, dan Construction (EPC) di tahap konstruksi.

Proses pembangunan smelter ini diperkirakan membuka lapangan pekerjaan 40.000 tenaga kerja (secara kumulatif) yang direkrut melalui perusahaan kontraktor. Di mana PTFI juga akan mendorong perusahaan kontraktor agar memaksimalkan perekrutan masyarakat lokal untuk mengisi bidang-bidang pekerjaan tertentu.

Sementara Indonesia Battery Corporation diresmikan pada Jumat 26 Maret 2021 lalu. Erick Thohir mencatat, pendirian holding ini untuk penguatan ekosistem industri baterai kendaraan listrik di Indonesia. Industri ini dirancang agar bisa bersaing dengan negara-negara maju di dunia, seperti China, Amerika Serikat (AS), dan Korea.



IBC atau Indonesia Battery Holding (IBH) merupakan konsorsium BUMN yang akan dibentuk untuk mengembangkan ekosistem industri baterai kendaraan listrik secara terintegrasi dari hulu ke hilir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1883 seconds (0.1#10.140)