Ibu-ibu, Tahu Tempe Nongol Lagi di Pasar Mulai Besok Tapi Harganya Naik Rp1.000

Rabu, 23 Februari 2022 - 16:21 WIB
loading...
Ibu-ibu, Tahu Tempe Nongol Lagi di Pasar Mulai Besok Tapi Harganya Naik Rp1.000
Konsumen sedang membeli tahu tempe di kawasan jalan Pasar Serdang, Kemayoran, Jakarta. Sabtu (19/2/2022). Foto/Dok MPI/Sutikno
A A A
JAKARTA - Usai mogok selama tiga hari, perajin tahu tempe memastikan mulai besok tahu dan tempe akan kembali tersedia di pasar tradisional. Para perajin juga sudah mulai memproduksi kembali makanan berbahan baku kedelai itu.

"Mulai dari kemarin sudah mulai produksi untuk dijual hari Kamis. Bisa dipastikan besok tahu tempe ada di pasar," ujar Ketua Umum Perajin Tahu Tempe yang tergabung dalam Payuban Dadi Rukun, Rasjani kepada media, Rabu (23/2/2022).



Meski begitu, lanjut dia, harga tahu tempe yang dijual akan naik mengingat harga kedelai tak kunjung turun meski sudah mogok selama tiga hari.

"Ini sudah kesepakatan bersama karena pemerintah butuh waktu yang lama untuk mewujudkan permintaan kami-kami ini. Jadi biar tetap bisa berproduksi, bisa cari uang lagi, harga tempe tahu dari perajin ke pedagang dinaikan," tuturnya.



Rasjani menyebut, kenaikan harga ini berlaku untuk tempe maupun tahu. Harga tahu besok akan dijual Rp7.000 atau naik Rp1.000 dari harga sebelumnya. Sementara tahu isi 5-6 buah akan dijajal Rp6.000, dari harga semula Rp5.000. "Jadi besok harga tahu tempe naik Rp1.000 semua," imbuhnya.

Meski harganya dinaikan, Rasjani bilang, ukuran tahu tempe tidak mengalami perubahan alias tidak diperkecil. "Kalau untuk ukuran tidak kami ubah. Nggak kami tipiskan lah. Cuma harganya aja yang naik. Ini sudah kesepakatan bersama," pungkasnya.



Sebagai informasi, aksi mogok para perajin tahu dan tempe selama tiga hari dipicu oleh tingginya harga kedelai sebagai bahan baku utama dalam pembuatan tahu dan tempe.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2398 seconds (0.1#10.140)