Sukses Membangun Bisnis Berkat Resep dari sang Oma

Selasa, 01 Maret 2022 - 23:17 WIB
loading...
Sukses Membangun Bisnis Berkat Resep dari sang Oma
Furiyanti, sukses berkat resep dari sang Oma. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Masyarakat Indonesia tentu tidak asing dengan camilan tradisional telur gabus. Makanan ringan ini termasuk legendaris dengan harga terjangkau.

Telur gabus bisa menjadi pilihan keluarga di rumah. Sering disajikan ketika ada suatu acara atau saat bersantai. Selain enak, proses dan cara membuatnya juga mudah dan sederhana.

Lantas bagaimana kisah seorang Furiyanti yang kini sukses mengembangkan bisnis Telur Gabus Kata Oma hingga akhirnya menjadi pemenang The Best UMKM Expo yang digelar BRI pada 2020 silam.

Cikal bakal bisnis tersebut berawal dari resep warisan keluarga yang dibuat oleh Sang Oma dengan membuatkan camilan sendiri untuk anak cucunya dan akhirnya dikembangkan menjadi usaha oleh anaknya tak lain Furiyanti.

"Akhirnya kami kembangkan menjadi sebuah usaha dengan kualitas produk aman untuk dikonsumsi dengan tetap tidak meninggalkan ciri khas, yaitu alami dan autentik sebagai warisan Oma," kata Furiyanti saat temu virtual, belum lama ini.



Anak bungsu dari 4 bersaudara ini mengungkapkan, kesuksesan yang berhasil dia raih tidak terlepas dari peran dan dukungan keluarga. Furiyanti sempat mengenyam pendidikan di Curtin University mengambil jurusan Marketing and Public Relations.

Furiyanti kini mempekerjakan setidaknya 40 karyawan belum termasuk reseller yang tersebar di berbagai penjuru daerah di Indonesia. Usahanya kini berhasil menembus pasar luar negeri di tahun 2021 ini dengan mengekspor produk ke Amerika Serikat (AS), Australia, Tiongkok, Filipina, Kamboja, Taiwan, dan menyusul Korea Selatan serta Malaysia.

Furiyanti mengungkapkan, kunci keberhasilannya adalah fokus serta menerapkan time-management yang baik dalam kesehariannya. "Kalau mau sukses bisnis apa pun, modalnya adalah fokus," ujar Furiyanti.

Saking cintanya kepada ibu, Kata Oma menghadirkan hampers Authentic Love yang cocok untuk diberikan kepada orang tua. Hampers khusus ini ditujukan sebagai bentuk ekspresi rasa sayang kepada orang tua yang diwakili oleh scented candle yang mencerminkan kasih tak bersyarat orang tua bagi anak-anaknya.

Produk Kata Oma Telur Gabus yang asli dan alami, aman dikonsumsi orang tua, dan tentunya bunga-bunga hiasan yang cantik. Lebih lanjut menurut Furiyanti, orang tua adalah sumber kasih sayang dan kekuatan.

Menurut dia, alasan terbesar mendirikan usaha telur gabus diberikan nama Kata Oma keinginannnya membuat sang bunda bangga dan bahagia.

"Sebenarnya, saya membuat Kata Oma supaya mami bangga dan bahagia. Supaya ada warisan dari hasil karya resep buatan mami," kata dia.



Ia menganalogikan kasih orang tua dengan lilin yang menyala, di mana banyak orang hanya melihat satu sisi dari lilin yaitu menerangi. Demikian pula dengan orang tua yang membimbing anak-anaknya.

"Namun banyak yang tidak menyadari kalau lilin menyala dengan membakar dirinya, sama seperti orang tua yang rela mengorbankan banyak hal demi membimbing, merawat dan membahagiakan anak-anaknya," tuturnya.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2001 seconds (0.1#10.140)