Kemendag Ungkap Ada Oknum Bermain Jadi Biang Kerok Kelangkaan Minyak Goreng

Rabu, 02 Maret 2022 - 11:24 WIB
loading...
Kemendag Ungkap Ada Oknum Bermain Jadi Biang Kerok Kelangkaan Minyak Goreng
Kemendag mengungkapkan, kelangkaan minyak goreng (migor) yang terjadi di pasaran baik di pasar tradisional maupun ritel modern karena adanya oknum-oknum bukan karena kurang pasokan dari produsen Crude Palm Oil/CPO. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kementerian Perdagangan ( Kemendag ) mengungkapkan, kelangkaan minyak goreng (migor) yang terjadi di pasaran baik di pasar tradisional maupun ritel modern karena adanya oknum-oknum penimbun bukan karena kurang pasokan dari produsen Crude Palm Oil/CPO .

"Terdapat temuan Satgas Pangan ada oknum-oknum yang sengaja menimbun produk minyak goreng dan tidak mendistribusikannya ke pasaran. Oleh karena itu teman-teman beserta tim Satgas pangan kabupaten kota dan provinsi sedang melakukan langkah-langkah evaluasi tersebut," kata Sekretaris Ditjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag I G Ketut Astawa dikutip dari Antara, Rabu (2/3/2022).



"Kalau kita lihat data yang ada, komitmen dari produsen CPO itu sudah mencapai 351 juta liter selama 14 hari, kebutuhan kita selama per bulan sebenarnya berkisar antara 279 sampai 300 juta liter," lanjutnya.

Dengan demikian, Ketut bilang, seharusnya pasar dalam negeri kebanjiran produk minyak goreng dalam jangka waktu sebulan. Namun yang terjadi justru sebaliknya, ketersediaan produk minyak goreng masih sedikit di pasaran.



Selain itu Ketut juga menuturkan bahwa masih ada masyarakat yang membeli minyak goreng dalam jumlah yang lebih besar dari kebutuhan biasanya sehingga menyebabkan stok migor menipis alhasil masyarakat lain tidak kebagian produk.

"Masyarakat kita sendiri juga karena ada informasi kekurangan ketersediaan minyak akhirnya mereka berbondong-bondong beli, bahkan satu keluarga biasanya sudah beli, besoknya beli, sorenya beli. Sehingga kadang-kadang di salah satu ritel modern dibuka langsung habis," bebernya.

Guna mengatasi panic buying tersebut, Ketut menghimbau kepada semua pihak untuk bisa memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak perlu membeli dalam jumlah besar agar ketersediaan minyak goreng bisa tercukupi.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1194 seconds (0.1#10.140)