Harga BBM Pertamina Dex-Dexlite Naik Hari Ini, Pertamax dan Pertalite Gimana?

Kamis, 03 Maret 2022 - 09:28 WIB
loading...
Harga BBM Pertamina Dex-Dexlite Naik Hari Ini, Pertamax dan Pertalite Gimana?
Warga mengisi BBM di SPBU Pertamina. Foto/Dok SINDOnews/Eko Purwanto
A A A
JAKARTA - Harga BBM non subsidi Pertamina Dex, Pertamax Turbo dan Dexlite mengalami kenaikan mulai hari ini, Kamis 3 Maret 2022. Corporate Secretary Subholding Commercial And Trading Pertamina Irto Ginting mengatakan, keputusan ini diambil mengacu pada harga minyak dunia yang melambung serta sesuai aturan Kementerian ESDM.

"Penyesuaian harga ini mengikuti harga market global dan sesuai ketentuan Kementerian ESDM dan harga akan di-review rutin setiap dua minggu," ujarnya kepada MNC Portal Indonesia (MPI), Kamis (3/3/2022).



Menurut dia, tiga jenis bahan bakar tersebut merupakan BBM non subsidi untuk masyarakat mampu dan porsinya hanya 3% dari total konsumsi BBM nasional.

Sebelumnya, Pertamina juga sempat menaikkan harga BBM non subsidi pada 12 Februari lalu. Hal ini dilakukan dengan alasan serupa yaitu mengikuti perkembangan harga minyak dunia. "Meskipun operator lain sudah menyesuaikan harga lebih dulu, harga BBM Pertamina masih lebih kompetitif," tukasnya.



Sementara itu, untuk BBM Pertamina jenis Pertalite dan Pertamax, Irto memastikan harganya tetap sama alias tidak ada kenaikan harga. "Harga BBM Pertamax dan Pertalite tidak ada perubahan," tandasnya.

Sebagai informasi, kenaikan harga tiga BBM tersebut bisa berbeda di setiap wilayah namun masih berkisar Rp500-Rp1.100 per liter. Misalnya di wilayah DKI Jakarta, harga Pertamax Turbo naik dari Rp13.500 menjadi Rp14.500 per liter.



Kemudian untuk Dexlite naik dari Rp12.150 menjadi Rp12.950 per liter. Sedangkan Pertamina Dex naik dari Rp13.200 menjadi Rp13.700 per liter.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1367 seconds (0.1#10.140)