Perang Lawan Rusia, Bank Dunia Guyur Ukraina Rp10,401 Triliun

Selasa, 08 Maret 2022 - 14:00 WIB
loading...
Perang Lawan Rusia, Bank Dunia Guyur Ukraina Rp10,401 Triliun
Bangunan tempat tinggal rusak akibat invasi Rusia ke Ukraina, di Chernihiv, Ukraina, 3 Maret 2022. FOTO/REUTERS/Roman Zakrevskyi
A A A
JAKARTA - Bank Dunia (World Bank) memberikan bantuan sebesar USD723 juta atau setara Rp10,401 triliun ke Ukraina. Pemberian pinjaman dan hibah tersebut dibutuhkan untuk beperang melawan Rusia.

Rinciannya, USD350 juta berupa tambahan pinjaman dan USD139 juta melalui jaminan dari Belanda dan Swedia. Selain itu, USD134 juta dalam bentuk hibah dari Inggris, Denmark, Latvia, Lituania dan Islandia, serta pendanaan paralel sebesar USD100 juta dari Jepang.

"Bank Dunia mengambil langkah cepat mendukung Ukraina dan rakyatnya dalam menghadapi kekerasan dan gangguan ekstrem yang disebabkan oleh invasi Rusia," kata Presiden Bank Dunia David Malpass dilansir dari Reuters, Selasa (8/3/2022).

Baca Juga: Waspadai Dampak Ekonomi Perang Rusia-Ukraina

Bank Dunia menyatakan tidak membatasi kegunaan uang tersebut. Namun yang jelas, bantuan tersebut penting untuk mendukung Ukraina seperti penyediaan layanan kesehatan hingga program sosial.

"Anggota Bank Dunia berdiri bersama rakyat Ukraina. Ini adalah langkah yang kami ambil untuk membantu mengatasi dampak ekonomi dan kemanusiaan yang luas dari krisis ini," kata dia.

Baca Juga: Jenderal Tertinggi AS: Perang Rusia dengan Ukraina Akan Mengerikan

Berdasarkan laporan, Bank Dunia juga akan memberikan pendanaan USD3 miliar untuk Ukraina dalam beberapa bulan ke depan untuk membantu para pengungsi Ukraina yang sekarang melebihi 1,7 juta yang mayoritas wanita, anak-anak dan lansia.

(nng)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2139 seconds (11.252#12.26)