3 Orang Terkaya di Ukraina, Nomor 1 Hartanya Tembus Rp109 Triliun dan Punya 100 Perusahaan

Rabu, 09 Maret 2022 - 13:59 WIB
loading...
A A A
Pria bernama lengkap Rinat Leonidovych Akhmetov itu juga merupakan pendiri DTEK Group. Kepemilikan sahamnya tersebar di sejumlah perusahaan berbagai sektor, antara lain di Metinvest, perusahaan pertambangan dan pabrik baja terbesar di negara itu.

Rinat juga memiliki perusahaan di bidang telekomunikasi, teknik, keuangan, real estate, transportasi, dan ritel. Tak hanya itu, pria berusia 55 tahun itu merupakan pemilik dan presiden klub sepak bola Ukraina Shakhtar Donetsk.

Sekitar pertengahan Februari 2022 lalu, Rinat menjadi sorotan media karena kabur ke luar negeri saat negaranya di ambang perang.

Ayah dua anak itu memutuskan pergi karena meningkatnya ketegangan Ukraina dan Rusia yang bisa membuat perang pecah kapan pun.



2. Victor Pinchuk

Victor Pinchuk merupakan pengusaha dan oligarki Ukraina. Kekayaan menantu presiden ke-2 Ukraina Leonid Kuchma ini ditaksir mencapai USD2,5 miliar atau Rp35,9 triliun.

Pria bernama panjang Victor Mykhailovych Pinchuk mendirikan Interpipe, produsen pipa baja pada 1990 atau setahun sebelum Uni Soviet runtuh. Rusia menjadi pasar utama produk Interpipe. Tercatat pada lima bulan pertama 2019 lalu, Interpipe mengekspor lebih dari USD40 juta ke Negeri Beruang Merah.

Bisnis Interpipe sangat tergantung pada hubungan baik dengan Rusia. Selama pendudukan Krimea oleh Rusia, bisnis Interpipe pun ikut terkena dampaknya bahkan harus menanggung utang besar sehingga akhirnya Interpipe berubah menjadi perusahaan swasta murni.

Selain Interpipe, Victor juga diketahui memiliki Grand Buildings, sebuah bangunan bersejarah yang terkenal di Trafalgar Square di London.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1820 seconds (0.1#10.140)