Banjir, permintaan asuransi akan meningkat

Selasa, 22 Januari 2013 - 16:56 WIB
Banjir, permintaan asuransi akan meningkat
Banjir, permintaan asuransi akan meningkat
A A A
Sindonews.com - Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) berpendapat, rutinnya bencana banjir yang hampir setiap tahun melanda Ibu Kota, baik dalam intensitas rendah maupun tinggi akan meningkatkan permintaan asuransi atas risiko kerusakan properti maupun kendaraan bermotor akibat banjir.

"Kami memperkirakan akan terjadi peningkatan permintaan asuransi atas risiko banjir. Wajar saja karena masyarakat khawatir akan kerugian pada properti dan kendaraan bermotor mereka," ujar Ketua AAUI, Kornelius Simanjuntak di Gedung Permata Kuningan, Jakarta, Selasa (22/1/2013).

Namun demikian, diakui Kornelius, perusahaan penyedia jasa asuransi agaknya masih enggan terburu-buru untuk menyediakan produk jaminan asuransi terkait banjir tersebut. Jika pun ada, menurut Kornelius, perusahaan akan lebih selektif menentukan jenis jaminan yang akan diberikan.

Selain itu, evaluasi menyeluruh agaknya perlu terlebih dahulu dilakukan sebelum produk jaminan atas risiko banjir tersebut benar-bernar dihadirkan nantinya. "Perusahaan asuransi akan lebih selektif dalam memberikan jaminan perluasan risiko banjir bila tidak ada risk improvement secara menyeluruh atau secara risiko individu," tegas dia.

AAUI memperkirakan pascabanjir ini klaim asuransi mencapai Rp3 triliun. Dibandingkan dengan banjir tahun 2007, diperkirakan klaim asuransi pada tahun ini akan meningkat sekitar 50 persen.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7170 seconds (0.1#10.140)