Industri Automotif Nyatakan Dukungan Kebijakan Euro 4

Selasa, 15 Maret 2022 - 15:45 WIB
loading...
Industri Automotif Nyatakan Dukungan Kebijakan Euro 4
Penandatanganan kesepakatan Euro-4 dalam Gaikindo Jakarta Auto Show 2022 di Jakarta Convention Centre (JCC), Selasa (15/3/l). Secara simbolis kesepakatan pelaksanaan Euro-4 resmi dicanangkan pada 7 April 2022 mendatang. FOTO/ASTRA BONARDO/SINDO Photo
A A A
JAKARTA - Industri automotif menyatakan dukungan atas kebijakan penerapan Euro 4 untuk kendaraan diesel yang diproduksi di Indonesia mulai 7 April 2022. Kebijakan yang bertujuan mengurangi emisi gas buang itu didukung seluruh ekosistem mulai dari pemerintah, agen pemegang merek (APM), karoseri, hingga para pengguna kendaraan bermesin diesel, agar program itu terlaksana dengan baik.

Dukungan ditandai dengan deklarasi bersama yang dilakukan secara simbolis oleh Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di booth Isuzu di Jakarta Auto Show, JCC, Jakarta, Selasa (15/3).



Seusai deklarasi, Menperin dan Ketua Umum Gaikindo menyaksikan penandatanganan komitmen bersama dalam mendukung Euro 4. Penandatanganan komitmen dilakukan Presiden Direktur PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Eisaku Akazawa dan perwakilan pelanggan Isuzu. Komitmen itu sebagai wujud kesiapan penerapan Euro 4 pada kendaraan bermesin diesel yang diproduksi di Indonesia mulai 7 April 2022.

Menteri Perindustrian Agus Gumilang mengatakan, program Euro 4 sebagai bagian dari upaya pemerintah mengurangi efek rumah kaca. “Industri automotif menjadi motor penggerak pengurangan emisi gas buang,” ujar Menperin.

Sejumlah pelanggan menyambut baik kesiapan Euro 4 dari ATPM. Seperti yang disampaikan Managing Director PT Kiat Ananda Cold Storage Otto Iskandar. Dia mengatakan, pelaku usaha mendukung program pemerintah untuk penerapan Euro 4. “Ini bagus karena selain lingkungan bersih, kendaraan juga hemat bahan bakar, dan itu sangat berpengaruh bagi pelaku usaha," ujar Otto.

Head of HSE & Asset Facility Management Division PT TIKI JNE Donny Syachrullah mengatakan, pihaknya memberikan dukungan program Euro 4 pemerintah sebagai bagian dari sumbangsih pelaku usaha untuk lingkungan bersih.

Sementara itu, Sejumlah ATPM sudah menyatakan kesiapannya dalam penerapan standar emisi Euro 4.

PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) memastikan siap meluncurkan semua kendaraannya dengan standard mesin emisi Euro4. “Kendaraan yang kami luncurkan, tidak hanya untuk memenuhi regulasi Euro 4,” ujar Presiden Direktur HMSI Masato Uchida.

Saat ini, semua kendaraan Hino yang diproduksi sudah dengan teknologi mesin Euro4 untuk memenuhi semua kebutuhan bisnis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2259 seconds (0.1#10.140)