Sinergi BUMN Bangun Pabrik Katalis Senilai Rp286 Miliar

Rabu, 16 Maret 2022 - 20:10 WIB
loading...
Sinergi BUMN Bangun Pabrik Katalis Senilai Rp286 Miliar
Pabrik katalis karya anak bangsa akan segara dibangun. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Pupuk Indonesia (Persero) melalui anak usahanya, PT Pupuk Kujang Cikampek (PKC), siap mendukung pembangunan dan pengoperasian pabrik Katalis Merah Putih. Pabrik Katalis pertama karya anak bangsa ini nantinya akan mewujudkan industri yang ramah lingkungan, mendukung pengembangan green fuel, dan mampu mengurangi ketergantungan katalis impor .



Pabrik ini dibangun atas sinergi BUMN, perguruan tinggi, dan pemerintah. Pabrik nantinya akan dioperasikan oleh PT Katalis Sinergi Indonesia (KSI), yang merupakan perusahaan patungan antara PT Pertamina Lubricants (38%), PT Pupuk Kujang Cikampek (37%), dan PT Rekacipta Inovasi Institut Teknologi Bandung (ITB) (25%).

Direktur Utama Pupuk Indonesia Bakir Pasaman, di sela-sela acara groundbreaking Pabrik Katalis Merah Putih di Cikampek, Rabu (16/3/2022), menyatakan bahwa dalam pembangunan pabrik Katalis Merah Putih, Pupuk Indonesia Grup melalui PT Pupuk Kujang Cikampek, berperan sebagai salah satu investor, khususnya dalam penyediaan lahan dan lain-lain. Arah proyek katalis ini memang untuk pengembangan energi baru dan terbarukan.

“Proyek katalis ini sangat khusus karena dibangun dengan teknologi karya Indonesia, dalam hal ini teknologi yang dikembangkan ITB. Kita harus mengedepankan proyek katalis ini sebagai salah satu proyek strategis nasional,” kata Bakir.

Bakir berharap proyek ini dapat mengurangi ketergantungan terhadap katalis impor. Untuk tahap awal, katalis ini akan digunakan untuk sektor energi, offtaker-nya Pertamina. Namun untuk tahap selanjutnya kita akan masuk ke sektor petrokimia yang merupakan bagian dari industri pupuk.

"Proyek ini sejalan dengan semangat transisi energi yang diangkat oleh G20, proyek katalis ini merupakan bagian dari roadmap perusahaan untuk pengembangan green energy," jelas Bakir.



Pabrik Katalis Merah Putih didesain memiliki kapasitas produksi sebesar 800 ton per tahun dan berlokasi di Kawasan Industri Cikampek, Jawa Barat. Proses pembangunannya akan berlangsung selama 13 bulan. Perkiraan investasi yang dibutuhkan mencapai Rp286 miliar dan untuk pembiayaannya akan didukung Bank BNI.

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengapresiasi sinergi seluruh pihak yang terlibat dalam pembangunan pabrik Katalis Merah Putih yang pertama kali diinisiasi oleh ITB dan diujicoba di kilang milik Pertamina. Pabrik ini menjadi salah satu Program Strategis Nasional (PSN) Bahan Bakar Hijau yang diproyeksikan dapat menghasilkan katalis untuk memproduksi green fuel, sehingga berkontribusi dalam pengembangan energi baru terbarukan (EBT).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1935 seconds (0.1#10.140)