Pasar asuransi Jabar diprediksi tumbuh 20%

Selasa, 12 Februari 2013 - 17:02 WIB
Pasar asuransi Jabar diprediksi tumbuh 20%
Pasar asuransi Jabar diprediksi tumbuh 20%
A A A
Sindonews.com - Market asuransi di Jawa Barat diperkirakan tumbuh sekitar 10-20 persen sejalan dengan pertumbuhan kepemilikan kendaraan bermotor dan perumahan.

Ketua Asuransi Umum Indonesia (AUI) Bandung, Syahrial mengatakan, pangsa pasar asuransi di Jawa Barat masih terbuka lebar. Terutama asuransi kendaraan bemotor dan asuransi perumahan. Pertumbuhan pangsa pasar asuransi, sejalan dengan kenaikan pembelian kendaraan bermotor dan perumahan di kawasan ini.

“Tahun ini, nasabah asuransi diperkirakan tumbuh sekitar 10-20 persen. Lebih tinggi dari rata-rata pertumbuhan nasabah asuransi setiap tahunnya,” jelas Syahrial di Bandung, Selasa (12/2/2013).

Diakui dia, pertumbuhan asuransi di Jawa Barat setiap tahunnya pada kisaran 10 persen. Masuknya sejumlah perusahaan asuransi ke Jawa Barat diperkirakan memperbesar penetrasi asuransi kepada masyarakat Jabar.

Dijelaskan Syahrial, pertumbuhan asuransi di Jawa Barat masih disokong kawasan Bandung Raya. Padahal, pangsa pasar asuransi sangat mungkin berkembang ke daerah lainnya, seperti Tasikmalaya dan Cirebon. Perusahaan asuransi bisa menggarap produk asuransi yang sesuai dengan kondisi di kawasan tersebut.

Lebih lanjut Syahrial menjelaskan, pertumbuhan nasabah asuransi masih didorong oleh pemegang kendaraan bermotor berupa asuransi kerugian dan kecelakaan. Pertumbuhan kendaraan bermotor roda dua dan roda empat, mendongkrak pertumbuhan asuransi. Hal itu dikarenakan sejumlah perusahaan asuransi menjalin kerjasama dengan dengan dealer atau distributor mobil dan motor.

Selain asuransi kendaraan bermotor, asuransi nasabah asuransi perumahan atau properti juga cukup tinggi. Sejumlah pengembang, lanjut Syahrial, menjaminkan propertinya pada asuransi kebakaran, gempa bumi, perampokan, atau lainnya.

Dari total nasabah asuransi properti, sekitar 70 persennya merupakan asuransi kebakaran. Sementara sisanya asuransi perampokan, kebanjiran, dan gempa bumi. “Kami pun menjamin kerjasama dengan pengembang. Dimana, setiap pembelian rumah mendapat jaminan asuransi,” pungkas dia.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0248 seconds (0.1#10.140)