MotoGP Mandalika Kelar, Pergerakan Penumpang di Bandara Lombok Masih Tinggi

Senin, 21 Maret 2022 - 19:25 WIB
loading...
MotoGP Mandalika Kelar, Pergerakan Penumpang di Bandara Lombok Masih Tinggi
Penumpang di terminal keberangkatan Bandara Internasional Lombok (BIL) di Praya, Lombok Tengah, NTB. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/rwa
A A A
JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat adanya lonjakan signifikan penumpang pesawat di Bandara Internasional Lombok (BIL) sehubungan dengan perhelatan MotoGP di Mandalika.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati membeberkan, berdasarkan data dari Angkasa Pura I, pada Minggu (20/3) tercatat pergerakan penumpang di BIL mencapai 13.115 orang, dengan rincian 6.243 orang yang datang dan 6.872 orang yang berangkat dari bandara Lombok.

“Sesuai yang kami prediksi, penerbangan dari dan menuju Bandara Internasional Lombok selama tiga hari terakhir mengalami peningkatan yang sangat signifikan yaitu sekitar tiga kali lipat dari hari biasanya,” ujar Adita dalam keterangannya, Senin (21/3/2022).



Sebelumnya, ungkap dia, penumpang hanya berkisar antara 3.500-4.000 orang per hari, baik berangkat maupun datang. “Pergerakan pesawat tercatat mencapai 120 pergerakan pada Minggu kemarin, dengan mayoritas rute penerbangan dari dan menuju Jakarta, Surabaya dan Denpasar,” terangnya.

Pada hari ini, Senin (21/3) diprediksi masih terjadi peningkatan jumlah penumpang di BIL, yaitu mencapai 14.000 orang dengan pergerakan pesawat mencapai 136 pergerakan.

“Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Udara telah berkoordinasi dengan maskapai, pengelola bandara dan pemangku kepentingan terkait untuk menyiapkan slot penerbangan baik itu extra flight, charter flight, maupun positioning flight,” urainya.



Sementara itu, terkait akomodasi kapal terapung yang disediakan oleh Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Laut, berdasarkan data sementara dari PT Pelni, tercatat sebanyak 1.179 penonton MotoGP yang melakukan pemesanan untuk bermalam di Kapal KM Kelud. “Dengan tingkat keterisian sekitar 80%, menunjukkan animo masyarakat cukup tinggi untuk memanfaatkan kapal ini,” imbuhnya.

Selanjutnya, Adita menjelaskan, Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Darat akan melakukan evaluasi bersama dengan pihak Kepolisian dan Pemerintah Daerah serta Dinas Perhubungan, terkait adanya kemacetan dari dan menuju Sirkuit Mandalika pada Minggu kemarin.



Kemenhub bersama dengan pemangku kepentingan terkait, telah melakukan sejumlah langkah baik berupa pembangunan, pengembangan, maupun penyiapan fasilitas sarana dan prasarana transportasi di darat, laut, maupun udara, dalam rangka mendukung suksesnya penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1558 seconds (0.1#10.140)