Keren, Ini Makna Trofi MotoGP Mandalika Buatan UMKM Bali

Selasa, 22 Maret 2022 - 21:44 WIB
loading...
Keren, Ini Makna Trofi MotoGP Mandalika Buatan UMKM Bali
Pembalap Red Bull KTM Miguel Oliveira (kiri) keluar sebagai pemenang dan menjadi rider MotoGP pertama yang menang di Mandalika di Sirkuit Mandalika, Minggu (20/3/2022). Foto/MPI/Arif Julianto
A A A
JAKARTA - Perhelatan akbar Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP) di Mandalika turut membuka kesempatan bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Indonesia untuk unjuk gigi. Salah satunya dengan memproduksi trofi berkualitas dunia untuk MotoGP.

Trofi atau piala yang diserahkan kepada para pebalap peraih podium, mulai dari nomor Asia Talent Cup (ATC), Moto3, Moto2, dan kelas paling bergengsi MotoGP, adalah karya UMKM anak negeri pelaku ekonomi kreatif (ekraf) dari Tuksedo Studio, Gianyar, Bali.

Tuksedo Studio sendiri lebih dikenal dalam kapasitasnya sebagai spesialis manufaktur mobil-mobil klasik yang dibuat secara handmade.

Namun oleh Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Tuksedo Studio dipercaya untuk merancang dan melakukan produksi piala Pertamina Grand Prix of Indonesia.

“MotoGP Mandalika 2022 menjadi ruang yang luas untuk memberi manfaat bagi masyarakat. Khususnya bagi pelaku UMKM dalam upaya kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja, mulai dari kuliner, fesyen, kriya, dan lainnya,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, dikutip Selasa (22/3/2022).



Sandiaga mengapresiasi Tuksedo Studio yang telah terpilih dan berhasil menghadirkan piala MotoGP. Hal itu diharapkan dapat mendorong inovasi para pelaku kreatif lainnya, khususnya desainer produk untuk berkontribusi dalam menghasilkan produk-produk menarik lainnya.

Kreativitas yang dihadirkan para pelaku ekonomi kreatif tidak hanya dapat membuka lapangan kerja, tapi juga dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan.

“Apresiasi yang tinggi patut kita sampaikan terhadap karya anak bangsa. Itu merupakan salah satu bentuk apresiasi dan inovasi pada sebuah produk. Semoga itu dapat memotivasi dan mendorong inovasi kepada para anak bangsa kreatif lainnya, khususnya para desainer produk untuk berkontribusi dalam menghasilkan produk-produk menarik lainnya," tuturnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1050 seconds (0.1#10.140)