Hidupkan Kembali Stasiun Garut, Erick Thohir: Dukung Wisata Lokal

Kamis, 24 Maret 2022 - 19:17 WIB
loading...
Hidupkan Kembali Stasiun Garut, Erick Thohir: Dukung Wisata Lokal
Menteri BUMN Erick Thohir saat meresmikan reaktivasi jalur KA Garut-Cibatu di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (24/3/2022). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir hari ini meresmikan Stasiun Garut yang telah tidak beroperasi selama 40 tahun lamanya. Erick menegaskan, pengoperasian kembali Stasiun Garut merupakan salah satu upaya untuk mendukung eksistensi wisata lokal.

"Pembangunan ini untuk mendukung bangkitnya wisata lokal yang selama ini jadi nomor dua, dibandingkan wisata luar negeri," ujar Erick Thohir dalam keterangannya, Kamis (24/3/2022).



Padahal, lanjutnya, wisata lokal memiliki potensi besar dalam sektor pariwisata Indonesia. Terbukti, kunjungan wisatawan lokal mencapai angka 330 juta, meski di masa pandemi turun 30%. Sementara, kunjungan wisatawan mancanegara hanya 16 juta dan turun 75% selama pandemi.

Potensi itulah yang menurutnya perlu terus dioptimalkan dalam upaya membangkitkan kembali industri pariwisata Tanah Air. Erick mengingatkan bahwa dampak pengganda yang timbul akan sangat besar jika wisata lokal terus bangkit dan mendunia.

"Kita terus meningkatkan pengembangan wisata lokal yang disinergikan oleh infrastruktur BUMN. Agar mendorong pembukaan lapangan kerja dan usaha UMKM tumbuh setelah Covid-19," tegasnya.



Erick pun mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Bupati Garut Rudy Gunawan, yang bersinergi bersama Kementerian BUMN, kembali menghidupkan Stasiun Garut. Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) ini mengatakan, hal ini menjadi bukti bagaimana sebuah kolaborasi dapat memberikan harapan yang positif bagi masyarakat Garut dan Indonesia. "Ini bukti bahwa ketika pemerintah pusat dan daerah berkolaborasi hasilnya bagus," tutupnya.

Reaktivasi jalur kereta api Cibatu-Garut dan Stasiun Garut telah dikerjakan sejak tahun 2015. Proses pengerjaannya rampung sejak 2019, namun proses peresmiannya sempat tertunda karena pandemi Covid-19.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3573 seconds (0.1#10.140)