Perkembangan Negosiasi Rusia dan Ukraina Bikin Wall Street Ditutup Melonjak

Rabu, 30 Maret 2022 - 07:21 WIB
loading...
Perkembangan Negosiasi Rusia dan Ukraina Bikin Wall Street Ditutup Melonjak
Wall Street ditutup naik imbas respons positif negosiasi Rusia dan Ukraina. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Bursa saham di seluruh dunia, terlebih Wall Street , melonjak lebih tinggi pada perdagangan Selasa (29/3/2022) dan membuat harga minyak turun USD2 per barel. Tampaknya, investor merayakan tanda-tanda kemajuan negosiasi antara Rusia dan Ukraina yang mereka harapkan akan mengarah pada penyelesaian.



Mengutip Reuters, Dow Jones Industrial Average melonjak 0,97%, S&P 500 melesat 1,23%, dan Nasdaq Composite naik 1,8%. Indeks saham MSCI di seluruh dunia naik 1,54%.

Ketiga indeks utama Amerika berada di jalur untuk mengakhiri Maret lebih tinggi. Namun, mereka juga akan mencatat awal terburuk untuk satu tahun dan bahkan setiap kuartal sejak awal 2020 ketika pecahnya pandemi virus corona yang mendatangkan malapetaka di pasar keuangan.



Meskipun pemerintah AS memperingatkan bahwa langkah terbaru Rusia adalah tanda mengerahkan kembali pasukan, investor tetap menumpuk aset berisiko, mengabaikan lonjakan inflasi dan kenaikan suku bunga yang akan segera terjadi yang dapat merusak prospek pertumbuhan dan meningkatkan daya apung pasar saham.

"Selama dua minggu terakhir, S&P telah menghasilkan salah satu reli tertajam dalam sejarah, lebih besar dari reli 10 hari terbesar di tujuh dari 11 pasar bearish S&P sejak 1927," kata analis di Bank of America Global Equity Derivatives Research.



Indeks saham AS melonjak lebih dari 1%, bursa utama Eropa menikmati kenaikan 1% hingga 2,5%, dan minyak jatuh hampir USD5 pada satu titik karena wakil menteri pertahanan Rusia mengatakan Moskow telah memutuskan untuk secara drastis memotong aktivitas militer di sekitar ibu kota Ukraina Kyiv dan juga Chernihiv.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2113 seconds (0.1#10.140)