Uji Coba LRT Jabodebek Tanpa Awak Bareng Luhut, Menhub: Hadiah Kemerdekaan RI

Jum'at, 01 April 2022 - 11:36 WIB
loading...
Uji Coba LRT Jabodebek Tanpa Awak Bareng Luhut, Menhub: Hadiah Kemerdekaan RI
Luhut Binsar Pandjaitan bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Wakil Menteri BUMN Kartiko Wirjoatmodjo melakukan uji coba pengoperasian LRT tanpa awak di Stasiun Harjamukti. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan bersama Menteri Perhubungan ( Menhub ) Budi Karya Sumadi dan Wakil Menteri BUMN Kartiko Wirjoatmodjo melakukan uji coba pengoperasian Light Rail Transit atau LRT Jabodebek di Stasiun Harjamukti, Cibubur, Jumat (1/4/2022).



Menhub Budi mengatakan, LRT ini dioperasikan tanpa awak atau driverless. Menurutnya, LRT menjadi lompatan besar dalam penyelenggaraan sistem transportasi massal di Indonesia.

"Diharapkan dapat menjadi solusi untuk mengatasi kemacetan lalu lintas di wilayah perkotaan," ujar Menhub Budi, dikutip dari unggahan akun Instagramnya @budikaryas, Jumat (1/4/2022).

Lanjutnya, pembangunan LRT ini sudah hampir selesai. Diharapkan, LRT ini bisa beroperasi tahun 2023 mendatang.

"Insya Allah kita akan soft launching pada 17 Agustus 2022 mendatang, sebagai hadiah kemerdekaan untuk Indonesia tercinta," ujar Menhub.

Sebelumnya, hingga November 2021, progress pembangunan LRT sudah mencapai 88,1%. Pekerjaan yang sudah selesai meliputi pekerjaan sipil, struktur lintasan, track dan pemasangan rel.



Mengutip materi paparan Public Expose 2021, secara keseluruhan berikut progress pembangunan LRT Jabodebek fase I:

- Lintas Layanan 1 Cawang-Cibubur 94%
- Lintas Layanan 2 Cawang-Kuningan-Dukuh Atas 88,2%
- Lintas Layanan 3 Cawang-Bekasi 92,5%
- Depo Bekasi 59,5%

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1333 seconds (0.1#10.140)