Transformasi Digital, Pupuk Indonesia Bukukan EBITDA Rp13,91 Triliun

Jum'at, 01 April 2022 - 20:54 WIB
loading...
Transformasi Digital, Pupuk Indonesia Bukukan EBITDA Rp13,91 Triliun
Seorang petani sedang memupuk tanamannya. ANTARA FOTO/Basri Marzuki/nym
A A A
JAKARTA - PT Pupuk Indonesia (Persero) mencatatkan peningkatan kinerja EBITDA atau pendapatan sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi, yang cukup signifikan pada 2021. EBITDA mencapai Rp13,91 triliun atau meningkat 41% dari tahun 2020 senilai Rp9,81 triliun.

SVP Komunikasi Korporat Pupuk Indonesia Wijaya Laksana menyatakan, program transformasi yang dilakukan telah menimbulkan dampak positif terhadap peningkatan EBITDA dibandingkan baseline tahun 2020. Total EBITDA uplift dari program transformasi mencapai Rp1,030 triliun.

Angka tersebut berasal dari program-program seperti transformasi digital, retail management, program Makmur, sentralisasi pengadaan dan pemasaran, optimalisasi asset, dan program digitalisasi rantai pasok.

Wijaya menjelaskan salah satu pilar strategi perusahaan adalah menjadi perusahaan yang lebih customer centric atau fokus pada pelanggan.

Melalui strategi ini, Pupuk Indonesia berupaya menjadi perusahaan yang semakin memperhatikan kebutuhan dan keinginan pelanggan, termasuk memberikan pelayanan lengkap kepada pelanggan, khususnya petani.

“Lewat program retail management, kami memperkenalkan dan memudahkan akses produk-produk non subsidi kepada petani, memberikan benefit model bagi kios dan distributor, serta meningkatkan program kerjasama promosi dengan kios-kios. Dan yang terpenting, adalah meningkatkan jaminan ketersediaan produk di kios," ungkap Wijaya, Jumat (1/4/2022).



Program retail management dan juga program Makmur berkontribusi besar terhadap peningkatan penjualan pupuk retail, yaitu total sebesar 390.000 ton urea dan 247.000 ton NPK.

Selain itu didukung juga dengan digitalisasi di berbagai bidang yang turut meningkatkan efisiensi supply chain, serta perubahan model bisnis menjadi activist holding yang dapat menyelaraskan operasional anak perusahaan dengan strategi holding.

Menurut Wijaya, program lain yang berkontribusi besar terhadap EBITDA uplift ini adalah sentralisasi pengadaan dan pemasaran.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1198 seconds (0.1#10.140)