Soal Stok Pertalite, Erick Thohir: Sumbernya Cukup, Tidak Perlu Ribut-ribut!

Senin, 04 April 2022 - 13:34 WIB
loading...
Soal Stok Pertalite, Erick Thohir: Sumbernya Cukup, Tidak Perlu Ribut-ribut!
Erick Thohir meminta masyarakat tak perlu ribut-ribut soal stok Pertalite. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite mampu memenuhi kebutuhan masyarakat. Pernyataan ini menyusul kabar Pertalite langka di sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).



Masyarakat pun diminta tak perlu khawatir. Pasalnya sumber BBM dalam negeri pun diyakini mencukupi kebutuhan masyarakat.

"Kalau kita bicara kebutuhan BBM, kan pemerintah sudah bilang sumbernya cukup dan tidak perlu ribut-ribut," ungkap Erick kepada wartawan, dikutip Senin (4/4/2022).

Saat ini pemerintah sudah menetapkan Pertalite menjadi jenis bahan bakar khusus penugasan (JBKP) menggantikan Premium. Erick mencatat BBM jenis pertalite merupakan bahan bakar yang ramah lingkungan sehingga pemerintah mendorong adanya peralihan penggunaan dari Premium ke Pertalite.

"Bagus Premium atau Pertalite, Pertalite. Apalagi ini masuk kategori BBM hijau, sehingga yang namanya kerusakan udara atau polusi bisa dikurangi. Salah satu yang mahal dalam kehidupan kita adalah kesehatan, kalau udaranya ini tidak baik tentu tidak sehat," ungkap dia.

Konsumsi Pertalite, kata Erick, untuk lebih meminimalisasi penggunaan Premium sehingga bisa mengurangi polusi udara.



Berdasarkan data Kementerian ESDM, kuota JBKP bensin RON 90 atau jenis Pertalite pada tahun ini ditetapkan sebesar 23,05 juta kilo liter. Sementara realisasi penyaluran JBKP Pertalite sampai dengan Februari 2022 sebesar 4,25 juta kilo liter atau melebihi kuota Februari secara year to date.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3113 seconds (0.1#10.140)