Bernilai Ekonomi, FABA Didorong Jadi Bisnis Masyarakat Sekitar PLTU

Jum'at, 08 April 2022 - 10:13 WIB
loading...
A A A


Bambang berharap, melalui penyebaran informasi tersebut pemanfaatan FABA dan turunannya akan lebih masif lagi. Indonesia Power sendiri menurutnya telah menggunakan FABA untuk pemadatan tanah, areal tanam di PUPR NTB, Taman Ecopark, paving di area PLN. Sedang di PLTU Pangkalan Susu, Sumatera Utara, FABA dimanfaatkan untuk rumah warga, paving dan jalan-jalan akses.

Direktur Eksekutif Energy Watch, Mamit Setiawan mengatakan, jika diolah dengan baik dan benar FABA memiliki manfaat yang sangat besar. Bukan hanya manfaat secara ekonomi, melainkan juga manfaat bagi lingkungan hidup.

Namun demikian, kata dia, ada sejumlah catatan untuk pemanfaatan FABA tersebut. Pertama, perlu dibuat peta jalan atau roadmap terhadap pemanfaatan limbah tersebut. Lalu, perlu ada sosialisasi oleh semua pihak terkait. Terakhir, perlu dikembangkan semacam industri daur ulang agar pemanfaatan FABA benar-benar optimal.

"Harus ada roadmap yang jelas soal pengelolaan FABA ini sehingga benar-benar bisa lebih optimal, dan agar semua pihak bisa menerima bahwa FABA saat ini bukan lagi limbah B3," tandasnya.
(fai)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2390 seconds (0.1#10.140)