Bentuk Kepedulian Swasta Menjaga Lingkungan lewat Mitra Olah Sampah

Jum'at, 08 April 2022 - 18:08 WIB
loading...
Bentuk Kepedulian Swasta Menjaga Lingkungan lewat Mitra Olah Sampah
MPMX ikut bergerak untuk memerangi masalah penumpukan sampah dengan menginisiasi Program Mitra Olah Sampah atau Program MILAH dan mendirikan bank sampah. Foto/Dok
A A A
TANGERANG - PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) ikut bergerak untuk memerangi masalah penumpukan sampah dengan menginisiasi Program Mitra Olah Sampah atau “Program MILAH” dan mendirikan bank sampah pertama yang berlokasi di Jl. Lembang, Jl. Onar, RT.04/RW.08, Sudimara Bar., Kec. Ciledug, Kota Tangerang dan diberi nama Bank Sampah Sumber Mutiara Tangerang.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyebutkan total sampah nasional pada 2021 mencapai 68,5 juta ton dan dari jumlah itu, sebanyak 17% atau sekitar 11,6 juta ton, merupakan jenis sampah plastik.



Sebagian besar dari sampah-sampah tersebut sayangnya masih tidak terkelola dengan baik sehingga sulit untuk didaur ulang, semakin menumpuk di Tempat Pembuangan Akhir (TPA), dan sebagian mencemari saluran air dan laut.

Keadaan ini semakin mendesak masyarakat agar memiliki pengetahuan dalam mengelola sampah secara benar dan dibutuhkan peran dari sektor swasta untuk menginisiasi gerakan-gerakan yang mendukung percepatan pengelolaan sampah secara tepat dan bertanggung jawab.

“Setiap aktivitas yang kita lakukan, baik itu pribadi, rumah tangga, maupun bisnis, pasti menghasilkan sampah. Sayangnya sampai saat ini edukasi terkait pengelolaan sampah yang tepat dan bertanggung jawab belum merata ke berbagai elemen masyarakat,” jelas GM Corporate Communication & Sustainability MPMX, Natalia Lusnita.

Untuk itu, terang Natalia sejalan dengan strategi keberlanjutan perusahaan, yaitu menjalankan kegiatan usaha yang ramah lingkungan dengan mengelola dampak lingkungan secara lebih bertanggung jawab, MPMX mendirikan bank sampah.

“Ini sebagai sarana edukasi masyarakat sekaligus fasilitas penunjang pengelolaan sampah, agar sampah tidak lagi dibuang begitu saja dan semakin menumpuk di TPA,” sambungnya.

Pendirian bank sampah ini merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan di pilar lingkungan yang diberi nama Program MILAH (Mitra Olah Sampah) MPMX. Dalam melaksanakan program, MPMX menggandeng Kertabumi Recycling Center sebagai mitra dan educator untuk sistem manajemen bank sampah dan peran tim pengurus bank sampah.

Ditambah serta memberikan edukasi pengelolaan sampah ke komunitas masyarakat sekitar area bank sampah, serta mengadakan workshop daur ulang sampah yang hasilnya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sendiri maupun dijual untuk meningkatkan ekonomi bagi komunitas masyarakat sekitar bank sampah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1075 seconds (0.1#10.140)