Erick Thohir Target BUMN Tidak Pakai APBN Lima Tahun Lagi

Kamis, 18 Juni 2020 - 19:38 WIB
loading...
Erick Thohir Target BUMN Tidak Pakai APBN Lima Tahun Lagi
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menargetkan, perusahaan negara tidak perlu pendanaan yang berasal dari APBN dalam kurun waktu lima tahun ke depan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menargetkan, perusahaan negara tidak perlu pendanaan yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dalam kurun waktu lima tahun ke depan. Dirinya juga ingin seluruh perusahaan memberikan kontribusi pada negara.

“Kita membangun sistem transparan untuk kita bisa memastikan lima tahun lagi BUMN berubah. Salah satunya, kita tidak mau ada APBN lagi ke depan. Tapi kita 1% dari dividen. Seluruh Kementerian BUMN akan memastikan untuk dividen,” katanya dalam diskusi virtual, Kamis (18/6/2020).

( )

Nantinya, lanjut Erick, untuk menjalankan operasional BUMN akan menggunakan satu persen dari dividen sebuah perusahaan. Atas dasar itu Ia menginginkan semua BUMN fokus ke bisnis intinya. Jika hal tersebut terlaksana, dia optimis keinginannya agar BUMN tak lagi dapat APBN bisa terwujud.

Erick mengatakan, pihaknya akan mengedepankan sistem yang transparan dalam menjalani roda perusahaan. Nantinya, diharapkan seluruh BUMN dapat terbebas dari alokasi APBN. "Ke depannya kita akan lebih sehat dan devidennya kembali normal," katanya.

( )

Lebih lanjut Ia juga berencana merampingkan lagi jumlah BUMN yang ada di Indonesia. Di mana saat ini dari jumlah 142 BUMN, sudah menjadi 107 BUMN. Erick juga menyatakan bakal memangkas jumlah BUMN menjadi 80 perusahaan.

“Khususnya pada situasi pandemi Covid-19 merupakan saat yang tepat untuk melakukan restrukturisasi serta memperkuat posisi BUMN baik posisi keuangan maupun posisi dalam industri. Dari 142 BUMN sekarang ini, kita bisa tinggal 107 BUMN. Ini akan kita turunkan terus kalau bisa ke angka 80," tukasnya
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2309 seconds (0.1#10.140)