Mengenal Ragam Inovasi Manajemen Perusahaan di Masa Pandemi

Rabu, 13 April 2022 - 12:56 WIB
loading...
Mengenal Ragam Inovasi Manajemen Perusahaan di Masa Pandemi
Ilustrasi foto/freepik
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19 membawa perubahan besar bagi berbagai sektor, mulai dari bidang pendidikan sampai perusahaan.

Contohnya di sektor pendidikan dengan diberlakukannya pembelajaran daring. Sedang di sektor perusahaan, bekerja dari rumah alias WFH (work from home) sudah menjadi budaya tersendiri bagi para pekerja.

Perubahan yang terjadi tentu membawa dampak secara tidak langsung yang mengarah pada berbagai sisi. Maka dari itu, inovasi menjadi kunci bagi sebuah sektor agar tetap bertahan di tengah kondisi yang tidak menguntungkan.

Terutama bagi sebuah perusahaan, mereka jadi lebih menyesuaikan perihal manajemennya. Pandemi memberi dampak baik bagi keberlangsungan sebuah perusahaan.



Perusahaan menjalankan manajemen mereka dengan berbagai inovasi. Mulai dari digitalisasi manajemen tertentu, seperti proses rekruitmen pegawai yang bisa dilakukan secara online dan budaya kerja yang tidak mengharuskan seorang datang ke kantor.

Untuk mengetahui lebih jauh, berikut ini macam-macam inovasi manajemen perusahaan di masa pandemi Covid-19:

Manajemen Sumber Daya Manusia
Manajemen sumber daya manusia berfokus pada kegiatan yang berkaitan dengan tenaga kerja atau karyawan perusahaan tersebut. Keberadaan manajemen ini menjadi salah satu jantung agar sebuah perusahaan tetap dapat beroperasi.

Manajemen sumber daya manusia bertugas mengatur para pegawainya mulai dari proses perekrutan sampai menjaga kinerja mereka sesuai tujuan perusahaan.

Di masa pandemi seperti ini manajemen sumber daya manusia harus tetap berjalan sehingga perlu melakukan inovasi dan perubahan. Salah satu inovasinya adalah dengan adanya rekrutmen secara virtual untuk menyaring bibit unggul perusahaan.

Job fair yang dahulu dilakukan secara offline dialihkan menjadi online, begitupun dengan kegiatan interview dan proses-proses lainnya. Inovasi tersebut memungkinkan perusahaan dapat menjangkau sumber daya dari berbagai daerah.

Manajemen Pemasaran
Manajemen yang satu ini bertanggung jawab terhadap pemasaran brand dari perusahaan terkait. Keberadaan manajemen ini sebagai pembuka jalan bagi konsumen untuk lebih mengenal produk perusahaan.

Selain itu, analisis pasar juga menjadi tugas manajemen satu ini. Apabila Anda merasa begitu terikat dengan brand tertentu maka hal itu menjadi keberhasilan tersendiri bagi sebuah manajemen pemasaran.

Di masa pandemi manajemen pemasaran tetap harus punya strategi untuk keberlangsungan pemasaran produk mereka. Tentu kondisi seperti ini menjadi tantangan tersendiri sehingga kinerja manajemen pemasaran lebih berat.

Inovasi pemasaran yang bisa dilakukan di masa pandemi seperti mulai diberlakukannya digitalisasi pemasaran agar produk tetap eksis dan bertahan.

Di antaranya melalui pemanfaatan teknologi dalam memperluas pangsa pasar agar makin banyak konsumen yang tahu keberadaan produk tersebut.



Manajemen Produksi
Manajemen produksi bertanggung jawab dalam setiap proses produksi, mulai dari perencanaan produk hingga produk bisa jadi. Keputusan-keputusan yang diambil oleh manajemen ini sangat berpengaruh bagi keberlangsungan perusahaan.

Perencanaan yang diambil oleh manajemen produksi meliputi lokasi produksi, bahan baku, sumber daya, biaya yang dibutuhkan, mesin yang digunakan, metode produksi dan lain sebagainya.

Di masa pandemi ini proses produksi mungkin sedikit terganggu karena pembatasan aktivitas bersama. Maka dari itu manajemen produksi perlu mengatur strategi agar proses produksi bisa tetap berjalan.

Inovasi yang bisa dilakukan seperti efisiensi proses produksi, pembatasan belajan persediaan, dan menggunakan bahan baku pengganti.

Manajemen Keuangan
Keuangan selalu menjadi prioritas tersendiri dalam sebuah perusahaan, hal itu karena sumber dana berkaitan langsung dengan keberlangsungan sistem.

Maka dari itu manajemen keuangan berfokus pada pengendalian uang keluar masuk, pencatatan, dan pelaporannya. Keputusan besar seperti pengelolaan dan investasi menjadi tanggung jawab tersendiri bagi manajemen keuangan.

Manajemen keuangan bisa membuat sebuah inovasi keuangan bagi perusahaan berbasis teknolgi. Hal ini memungkinkan terhindar dari terlewatnya perekapan, apalagi untuk perusahaan berskala besar yang mengelola banyak sumber dana. Saat ini sudah banyak teknologi di bidang keuangan yang bisa diakses, mulai dari berbayar sampai gratis.

Manajemen Informasi
Pengelolaan data mulai dari proses mencari, menyusun, proses klarifikasi dan data kegiatan perusahaan merupakan tugas manajemen produksi. Data yang disajikan oleh manajemen informasi akan menjadi landasan pengambilan keputusan perusahaan.

Kegiatan manajemen informasi juga melakukan analisis terkait data-data yang diperoleh dan menginterpretasikan data tersebut menjadi sebuah informasi .

Inovasi yang bisa dilakukan oleh manajemen informasi ini, terutama di masa pandemi bisa dilakukan dengan beberapa hal.

Mulai dari membuat model bisnis baru, menjadikan sebuah perusahaan lebih adaptif terhadap tantangan baru, dan membuka peluang dalam memperluas jaringan. Inovasi yang dibuat memungkinkan perusahaan tetap bertahan di tengah situasi yang kurang menguntungkan.



Demikian ulasan mengenai macam-macam inovasi manajemen perusahaan di masa pandemi. Pemaparan di atas bisa menjadi referensi dan sarana menambah wawasan bagi Anda, terutama yang bekerja di bidang perusahaan tertentu.

Hal yang patut digarisbawahi, pandemi bukan lagi penghalang untuk tetap berinovasi. Melalui inovasi, perusahaan akan bisa tetap bertahan dan bersaing dengan yang lainnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1589 seconds (0.1#10.140)