Minyak Goreng Curah Minim, Pedagang Pasar: Harga Tinggi, Barang Susah Didapat

Rabu, 13 April 2022 - 14:09 WIB
loading...
Minyak Goreng Curah Minim, Pedagang Pasar: Harga Tinggi, Barang Susah Didapat
Pemilik toko sembako di pasar Ikopol Bekasi bernama Siti mengaku kesulitan mendapatkan minyak goreng curah dari agen. Foto/MPI/Advenia Elisabeth
A A A
BEKASI - Minyak goreng curah kini tak lagi melimpah. Ketersediaannya di pasar-pasar tradisional juga minim dibanding kondisi terdahulu.

Bedasarkan pantauan MNC Portal Indonesia (MPI) di Pasar Ikopol, Bekasi, tak banyak pedagang yang menjual minyak goreng curah. Alasannya pun beragam.

Wanti, serorang pedagang sembako di pasar tersebut, menuturkan bahwa dirinya tidak menjual minyak goreng curah lantaran harga belinya mahal.

"Nggak, saya nggak jual. Saya jualnya yang kemasan aja, ini juga dikit. Yang curah mahal, modal saya nggak cukup," ujarnya saat ditemui MPI di lapak miliknya, Rabu (13/3/2022).



Tak jauh beda, pemilik toko sembako bernama Siti menyebut bahwa dia menjual minyak goreng curah, tapi sudah beberapa hari belakangan ini tidak memasok lagi karena sulit didapat.

"Saya jual kemarin-kemarin, tapi harganya masih tinggi, Rp21.000 per kilogram. Soalnya saya dapat dari agennya juga udah Rp20.000. Ini tinggal satu bungkus ukuran seperempat (kg)," ungkapnya.

Menurut Siti, sejak pemerintah memberlakukan harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng curah seharga Rp14.000 per liter, ketersediaan minyak goreng curah di agen jadi menipis. Bahkan, kata dia, harus berebutan dengan penjual lain.

"Susah banget di agen sekarang. Kadang seminggu cuma dapat 1 kali. Di agen juga stoknya cuma 10 jerigen, itu pun katanya udah pesanan langganan. Jadi kalaupun saya dapat ya paling cuma dapat satu," keluhnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2092 seconds (0.1#10.140)