PGN Salurkan Gas Bumi Perdana Lewat Gaslink CNG di Batam

Kamis, 14 April 2022 - 22:46 WIB
loading...
PGN Salurkan Gas Bumi Perdana Lewat Gaslink CNG di Batam
Subholding gas Pertamina atau PGN menyalurkan perdana gas bumi (gas in) untuk pelanggan rumah tangga dan komersial melalui layanan Gaslink CNG di Batam. FOTO/dok.Pertamina
A A A
JAKARTA - Subholding gas Pertamina atau PGN menyalurkan perdana gas bumi (gas in) untuk pelanggan rumah tangga dan komersial melalui layanan Gaslink CNG di Batam.

Direktur Sumber Daya Manusia Pertamina M Erry Sugiharto mengatakan Gaslink CNG di Batam merupakan fasilitas baru bagi Pertamina. Menurutnya dari segi keamanan Gaslink CNG tidak kalah dengan jargas yang sudah lebih familiar oleh masyarakat.

"Gaslink CNG cukup bersih dan instalasi pipa yang sedemikian rapi. Gaslink CNG juga aman, utamanya memang tentang safety. Kita sudah coba tadi di kompornya juga cukup bagus, warna apinya biru, dan akan lebih irit dari (bahan bakar) yang sebelumnya," kata Erry dikutip melalui pernyataannya, Kamis (14/4/2022).



Menurut dia Jargas dan Gaslink CNG merupakan fasilitas yang sama sama menggunakan gas bumi. Oleh karena itu diharapkan kedepannya akan membantu mengurangi impor energi. "Ke depan harapannya TKDN juga lebih baik dan pembelian impor energi berkurang," ucapnya.

Direktur Sales dan Operasi PGN Faris Aziz mengatakan Gaslink CNG menjadi salah satu inovasi pemanfaatan gas bumi yang menjangkau wilayah yang belum terjangkau gas pipa PGN dan tidak memerlukan tempat penyimpanan yang besar.

Gaslink CNG dikemas dalam bentuk tabung yang movable. Tekanan gas di dalamnya sebesar 200-250 barg dengan volume sebesar 20 MÂł atau setara 24 kg.

"Gaslink CNG menyalurkan energi gas yang lebih bersih, ramah lingkungan, dibandingkan energi fosil lainnya. Khususnya Gaslink CNG dapat membantu meningkatkan daya saing pelanggan sektor komersial dan UMKM," ucapnya.

Saat ini total pelanggan rumah tangga di area Batam sekitar 4.700 pelanggan. PGN Area Batam sedang menyelesaikan 1329 Sambungan Rumah Tangga baru untuk produk GasKita Pintar. Dalam percepatan program jargas tahun ini, PGN Area Batam menargetkan 14 ribu sambungan baru.



Infrastruktur gas bumi di Batam tersebar melewati beberapa Kawasan Industri dan pusat keramaian di Batam seperti Tanjung Uncan, Panbil, Batam Center, dan Lubuk Baja. Panjang Pipa telah mencapai 238 KM dan memiliki Stasiun Panaran sebagai pintu distribusi gas bumi di Batam. Selain rumah tangga, PGN di area Batam melayani 57 pelanggan komersial dan 88 pelanggan kecil. Total penyerapan gas bumi di Batam sebanyak 81 BBTUD.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2666 seconds (0.1#10.140)