Masuk Daftar Kaum Tajir Indonesia, Raja Buah-buahan Ini Punya Kekayaan Rp17,4 Triliun

Minggu, 17 April 2022 - 10:56 WIB
loading...
Masuk Daftar Kaum Tajir Indonesia, Raja Buah-buahan Ini Punya Kekayaan Rp17,4 Triliun
Husodo Angkosubroto. Foto/youngster.id
A A A
JAKARTA - Nama Husodo Angkosubroto tiba-tiba melejit menjadi bahan perbincangan khalayak ramai. Maklumlah, namanya jarang terdengar di belantika orang terkaya Indonesia , beda dengan para konglomerat yang sudah banyak dikenal macam Eka Tjipta, Budi dan Rudi Hartono, atau Anthony Salim.



Husodo Angkosubroto kini masuk dalam jajaran orang terkaya di Indonesia. Melansir berbagai sumber, Minggu (17/4/2022), Husodo Angkosubroto memiliki kekayaan sebesar USD1,22 miliar atau setara Rp17,44 triliun (kurs Rp14.300 per USD).

Dengan total kekayaannya, generasi kedua dari keluarga Angkosubroto ini masuk ke daftar orang terkaya di Indonesia. Husodo Angkosubroto menempati urutan ke-35 orang terkaya Indonesia versi Forbes.

Husodo Angkosubroto adalah Chairman PT Gunung Sewu Kencana (GSK), sebuah holding perusahaan. Perusahaan ini berinvestasi di empat sektor utama, yaitu makanan, properti, keuangan, dan manufaktur.

GSK didirikan pada tahun 1953 oleh ayah Husodo. Memiliki model bisnis sebagai trader komoditas. Seiring waktu, GSK telah berubah menjadi gurita bisnis di berbagai sektor dan saat ini telah memperkerjakan sekitar 30 ribu karyawan.



Lewat induk usaha bernama Great Giant Food (GGF), Husodo dan keluarganya memiliki enam perusahaan makanan. Salah satu yang paling populer adalah Sewu Segar Nusantara (SSN) yang menjual buah-buahan segar lokal maupun impor seperti pisang, nanas, jambu, apel dan pir yang tersedia berbagai supermarket di Tanah Air dengan merek Sunpride.

PT Sewu Segar Nusantara didirikan pada tahun 1995 sebagai anggota dari kelompok investasi unggulan Gunung Sewu Kencana (GSK) yang memiliki keahlian yang luas di beberapa bidang. Antara lain makanan, agribisnis, asuransi jiwa, barang-barang konsumen, sumber daya alam, teknologi informasi serta properti. Unit bisnis dari kelompok GSK telah membentuk jaringan distribusi yang luas di seluruh Nusantara dan juga hubungan pemasok dan pengecer yang kuat.

PT Sewu Segar Nusantara berfokus pada distribusi dan pemasaran buah lokal yang bekerja sama dengan PT Great Giant Pineapple untuk menghasilkan beberapa buah lokal yang ditanam di daerah Lampung di atas lahan lebih dari 3.500 ha antara lain pisang cavendish, jambu kristal, nanas honi, dan pepaya.



Selain itu juga PT Sewu Segar Nusantara bekerja sama dengan petani lokal menghasilkan golden melon, dan rock melon di Jawa Barat, jeruk baby, dan jeruk keprok di Jawa Timur, dan jeruk medan, pisang barangan dan jeruk gerga di Sumatera, serta dipercaya dan diandalkan oleh lebih dari 4.000 pengecer.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2076 seconds (0.1#10.140)