Test Drive Tol Japek II Selatan Bandung - Jakarta, Begini Kondisinya

Rabu, 20 April 2022 - 03:09 WIB
loading...
Test Drive Tol Japek II Selatan Bandung - Jakarta, Begini Kondisinya
Jalan tol Jakarta Cikampek (Japek) II Selatan rencananya akan digunakan sebagai jalur alternatif arus balik lebaran 2022. Foto/MPI/Iqbal Dwi Purnama
A A A
JAKARTA - Jalan tol Jakarta Cikampek (Japek) II Selatan rencananya akan digunakan sebagai jalur alternatif arus balik lebaran tahun ini.

Jalur ini akan dibuka secara fungsional dan situasional mulai 3 Mei 2022. Hanya untuk arus kendaraan dari arah Bandung menuju Jakarta.

Tim MNC Portal Indonesia (MPI) mencoba melintasi jalur sepanjang 8,5 kilometer tersebut pada Selasa (19/4/2022) sore.

Kendaraan masuk Tol Japek 2 Selatan Seksi 3 ini dari Km 77 Tol Cipularang tepatnya di daerah Sadang, Kabupaten Purwakarta. Gratis alias tanpa bayar tol.



Meski begitu, kendaraan kita akan disambut gerbang tol (GT) yang terdiri atas beberapa gardu sekitar 500 meter dari akses masuk.

GT ini untuk melayani pembayaran Tol Perbaleunyi hingga Sadang. Selebihnya gratis hingga akhir lintasan di kawasan Kutanegara, Kabupaten Karawang.

Berdasarkan pantauan MPI, jalur Sadang-Kutanagara baru rampung di satu sisi yakni yang ke arah Karawang. Untuk arah sebaliknya masih terdapat beberapa jalan yang terputus atau masih tahap pembangunan maupun perataan tanah.

Di jalur arah Jakarta ini, hanya satu lajur yang akan difungsionalkan saat arus balik nanti yakni lajur kanan. Lajur kiri dan bahu jalan hanya untuk kendaraan petugas atau lajur darurat/evakuasi. Kedua lajur itu dibatasi tali dan cone.

Jasa Marga sengaja membuat jalur ini hanya untuk satu mobil untuk menghindari antrean kendaraan di titik penyempitan atau bottle neck saat memasuki kawasan bakal interseksi Kutanegara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0969 seconds (0.1#10.140)