Antisipasi Kemacetan, Ini Ruas Tol yang Akan Digunakan Fungsional pada Mudik Lebaran 2022

Rabu, 20 April 2022 - 05:01 WIB
loading...
Antisipasi Kemacetan, Ini Ruas Tol yang Akan Digunakan Fungsional pada Mudik Lebaran 2022
Jalan tol Jakarta Cikampek (Japek) II Selatan rencananya akan digunakan sebagai jalur alternatif arus balik lebaran 2022. Foto/MPI/Iqbal Dwi Purnama
A A A
JAKARTA - Pemerintah mengantisipasi potensi kemacetan saat arus mudik dan arus balik lebaran tahun ini, di mana 26 juta orang diproyeksikan mudik via jalur darat.

Untuk itu, kesiapan sarana dan prasarana seperti layanan jalan tol yang prima pada periode arus mudik/balik merupakan hal krusial.

Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional DKI Jakarta - Jawa Barat Kementerian Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Wilan Oktavian membeberkan sejumlah jalan tol yang akan digunakan fungsional untuk mengantisipasi kemacetan yang terjadi ketika musik mudik lebaran 2022.

Selain Japek II Selatan dari arah Bandung menuju Jakarta, Jalan tol Cisumdawu (Cileunyi–Sumedang–Dawuan) seksi 2 juga sudah siap dijadikan alternatif untuk mengurai kemacetan pada musim mudik lebaran 2022.

"Jadi di musim lebaran ini, untuk seksi 2 Cisumdawu akan difungsikan sebagai jalan alternatif darurat," papar Wilan dalam diskusi virtual, dikutip Rabu (20/4/2022).



Menurut Wilan, dibuka atau tidaknya jalan tol tersebut akan menjadi diskresi kepolisian. Artinya, pembukaan dan penutupan bisa bersifat situasional dan melihat kondisi kepadatan kendaraan yang melintas, apakah terjadi kemacetan parah atau tidak.

"Artinya kalau jalan arteri di Tanjung Sari macetnya luar biasa, itu nanti akan dibuka jalan tol Cisumdawu dari Pamulihan sampai ke Sumedang atau Cimalaka," terang dia.

Meski demikian, pihaknya saat ini sudah siap jika Cisumdawu akan dijadikan jalan fungsional dan akan dilalui oleh para pemudik di lebaran tahun 2022 ini. "Kapan dibuka atau tidaknya itu diskresi dari polisi, tapi kami dari Bina Marga nanti itu menyiapkan," tuturnya.

Seperti diketahui saat ini proses pembangunan jalan tol Cisumdawu belum rampung dikerjakan. Bahkan untuk seksi 2 yang akan dijadikan jalan fungsional pun saat ini mengalami longsor.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1276 seconds (0.1#10.140)