Tancap Gas! Mudik Lebaran Lewat Pantura Bebas Contraflow

Rabu, 20 April 2022 - 11:34 WIB
loading...
Tancap Gas! Mudik Lebaran Lewat Pantura Bebas Contraflow
Tidak ada rekayasa lalu lintas balik arah atau contraflow bagi pemudik yang melalui jalan nasional di sepanjang Pantai Utara. FOTO/dok.PUPR
A A A
JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan jalur perkerasan beton di Kecamatan Duduksampeyan, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, telah rampung. Dengan demikian, tidak ada rekayasa lalu lintas balik arah atau contraflow bagi pemudik yang melalui jalan nasional di sepanjang Pantai Utara (Pantura).

"Jalan ini sudah bisa dilalui kendaraan dan tidak ada contraflow saat Lebaran mendatang guna menghindari kemacetan," ujar Kepala BBPJN Jawa Timur-Bali Kementerian PUPR Achmad Subki melalui keterangan tertulisnya, Selasa (19/4/2022).

Lihat Juga: Perbaikan Jalur Pantura di Tegal

Sebelumnya ada rencana diterapkan contraflow untuk mengurai kemacetan yang terjadi ruas jalan batas kabupaten Lamongan-Batas Kota Gresik. Namun jalan tersebut sudah bisa dibuka untuk menunjang mobilitas mudik lebaran 2022.

Pembukaan arus lalu lintas dilakukan pada satu jalur perkerasan rigid jalan Pantura Gresik-Lamongan, tepatnya pada Km 33+600 sampai dengan 35+172 dengan panjang sekitar 1,5 km. "Perkerasan rigid ini dapat dibuka lebih cepat berkat dukungan pimpinan BBPJN Jatim-Bali dan kerja sama tim yang kompak, khususnya PPK 4.5 Provinsi Jawa Timur," kata Subki.

Menurutnya perkerasan rigid yang baru dibuka ini merupakan bagian dari Paket Preservasi Jalan Babat-Lamongan-Gresik MYC tahun anggaran 2021-2023. "Dengan dibukanya jalan ini, berarti sudah ada sekitar 7 km jalan yang beroperasi, yaitu pada km 33+600 hingga 40+600", lanjut Subki.

Pihaknya berharap dengan dibukanya jalan pada ruas tersebut dapat mengurangi kepadatan lalu lintas saat menjelang lebaran, khususnya di ruas jalan nasional dari Gresik - Lamongan dan sebaliknya.



Sebagaimana diketahui, paket preservasi jalan Babat-Lamongan-Gresik MYC tahun anggaran 2021-2023 didanai Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) dengan penyedia jasa konstruksi PT Cahaya Indah Madya Pratama - PT Airlanggatama Nusantarasakti, KSO. Paket tersebut memiliki total panjang penanganan 16,64 km, di mana target selesai pekerjaan pada 31 Agustus 2023 mendatang.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1681 seconds (0.1#10.140)