Manfaatkan Aplikasi Kesehatan Saat Mudik, untuk Telekonsultasi dan Jaga Kondisi

Kamis, 21 April 2022 - 18:59 WIB
loading...
Manfaatkan Aplikasi Kesehatan Saat Mudik, untuk Telekonsultasi dan Jaga Kondisi
Terkait dengan aktivitas mudik Lebaran tahun ini, Dinas Kesehatan dan Dinas Perhubungan menyarankan masyarakat yang hendak mudik untuk menjaga kesehatan fisiknya dengan memanfaatkan aplikasi kesehatan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Setelah dua tahun berturut-turut mengeluarkan larangan mudik guna menahan laju penyebaran Covid-19, pemerintah akhirnya mengizinkan masyarakat untuk mudik di Hari Raya Idulfitri tahun ini.

Terkait dengan aktivitas mudik Lebaran tahun ini, Dinas Kesehatan dan Dinas Perhubungan menyarankan masyarakat yang hendak mudik untuk menjaga kesehatan fisiknya dengan memanfaatkan aplikasi kesehatan .



Mengingat tidak diperbolehkannya aktivitas mudik selama dua tahun sebelumnya, jumlah pemudik tahun ini diperkirakan akan melonjak. Bahkan, dalam survei mudik Lebaran 2022 ketiga yang dilakukan Balitbang Kemenhub, jumlah pemudik tahun ini diperkirakan mencapai 85,5 juta orang.

Dikarenakan adanya perkiraan lonjakan pemudik, Dinas Perhubungan memperkirakan arus mudik tahun ini akan lebih padat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Guna mengantisipasinya, Dishub pun melakukan sejumlah cara, seperti memastikan kelayakan sarana transportasi, memeriksa kesehatan sopir bus antarkota, hingga memberikan fasilitas mudik gratis.

Dari sisi pemudik, Dishub menganjurkan masyarakat untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi lonjakan arus mudik. Salah satu caranya adalah dengan mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah serta menjaga kesehatan fisik sebelum dan selama mudik.

“Pemudik sebaiknya menyiapkan vitamin dan obat-obatan yang rutin diminum atau sekiranya diperlukan selama perjalanan. Hal ini cukup penting untuk menjaga kenyamanan saat mudik nanti. Apalagi, membeli obat-obatan kini mudah sekali, masyarakat bisa membelinya di aplikasi kesehatan,” kata Sudinhub Kota Jakarta Pusat, Wildan Anwar.

Senada dengan hal tersebut, Dinas Kesehatan pun menyarankan masyarakat untuk memanfaatkan aplikasi kesehatan saat mudik nanti untuk menyetok obat-obatan dan memeriksa kondisi kesehatan saat diperlukan.

“Sebenarnya, mudik tahun ini kita cukup terbantu dengan adanya aplikasi kesehatan. Pemudik yang mengalami sejumlah kondisi kesehatan ringan dapat mengakses aplikasi kesehatan tersebut untuk berkonsultasi secara online dengan dokter dari mana saja,” kata Sudinkes DKI, Budi Setiawan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2239 seconds (0.1#10.140)