Ini Negara Kosumen Terbesar Minyak Sawit

Jum'at, 22 April 2022 - 08:39 WIB
loading...
Ini Negara Kosumen Terbesar Minyak Sawit
Negara konsumen terbesar minyak sawit. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Indonesia sebagai negara penghasil terbesar minak sawit rupanya menjadi negara konsumen terbesar minyak di dunia. Minyak sawit atau Crude Palm Oil (CPO) merupakan bahan utama rumah tangga yang banyak digunakan.

Berdasarkan laporan Statistik Kelapa Sawit Indonesia tahun 2012 terungkap, saat itu luas perkebunan sawit Indonesia mencapai 9,23 juta hektare dengan jumlah produksi CPO lebih dari 24 juta ton. Posisi peringat pertama penghasil terbesar itu masih bertahan hingga 2021. Lalu siapa saja negara konsumen minyak sawit? berikut ulasanya dilansir dari Okezone.

Baca Juga: Kasus Minyak Goreng, Pengamat: Izin Ekspor Perusahaan yang Melanggar Bisa Dicabut

1 Indonesia

Indonesia masih menjadi negara peringkat pertama konsumen minyak sawit dengan 15,4 juta ton.

2. India

Berdasarkan laporan terbaru Badan Energi Internasional (IEA), India akan mengalami pertumbuhan permintaan minyak signifikan pada 2040 dan menjadi konsumen minyak terbesar dunia seiring dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi dalam negeri yang cepat dan meningkatnya populasi. Saat ini penggunaan minyak sawit mencapai 8,5 Juta ton.

Baca Juga: Produsen Minyak Goreng Ketakutan Pasca Dirjen Jadi Tersangka, Apa Sebabnya?

3. Tiongkok

Tiongkok masih berada dalam posisi ketiga konsumen minyak sawit terbesar dengan total 7 Juta ton.

4. Uni Eropa

Meski melarang penggunaan minyak kelapa sawit, tak bisa dimungkiri Uni Eropa adalah salah satu konsumen utama produk perkebunan Indonesia tersebut. Total penggunaan mencapai 6,6 juta ton. Itulah beberapa negara konsumen terbesar minyak sawit yang bisa diketahui. Semoga bermanfaat.

(nng)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1406 seconds (11.210#12.26)