Membangun Desa Mandiri dengan Digitalisasi, Ini Tantangannya

Jum'at, 22 April 2022 - 22:02 WIB
loading...
Membangun Desa Mandiri dengan Digitalisasi, Ini Tantangannya
Webinar Ngobrol Bareng Legislator bertajuk Menjadi Desa yang Mandiri dengan Digitalisasi yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada Kamis (21/4/2022). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Di era revolusi industri 4.0, teknologi digital menjadi salah satu modal utama yang dibutuhkan para pelaku industri untuk mengembangkan usaha atau bisnisnya.

Tak hanya di dunia industri atau bisnis, penggunaan teknologi digital telah meluas dan masuk ke sendi-sendi kehidupan masyarakat. Bahkan, digitalisasi juga didorong hingga tingkat desa dengan harapan dapat menjadikan desa tersebut maju dan mandiri.

Desa mandiri merupakan desa yang mampu mengatur dan membangun desanya dengan memaksimalkan potensi yang ada dan memaksimalkan kemampuan masyarakatnya, serta tidak tergantung pada bantuan pihak luar.



Kita sudah masuk dalam revolusi industri 4.0, yang merupakan arah perubahan baru yang penting untuk menjadikan suatu desa sebagai objek dalam menjadikan desa tersebut menjadi desa mandiri dengan digitalisasi.

Digitalisasi merupakan potensi yang dapat dimanfaatkan oleh suatu desa untuk memaksimalkan kemampuan yang ada di desa maupun kemampuan masyarakatnya. Sehingga, desa tersebut akan berkembang dan menjadi desa mandiri.

Anggota Komisi I DPR RI Slamet Ariyadi dalam webinar Ngobrol Bareng Legislator bertajuk “Menjadi Desa yang Mandiri dengan Digitalisasi” yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada Kamis (21/4/2022) menyampaikan tips dalam membangun desa mandiri dengan digitalisasi.

“Kita perlu memberikan support moral kepada desa dan memberikan dorongan untuk menciptakan sumber daya manusia yang melek akan digital,” ujarnya, dikutip Jumat (22/4/2022).



Dia pun berharap melalui webinar tersebut para peserta yang hadir mampu menjadi penggerak untuk menciptakan digitalisasi di desa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2147 seconds (0.1#10.140)